MANUSIA MENGALAMI ENAM ALAM ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Kalau kita meneliti kekuasaan Allah dalam mengatur perjalanan hidup manusia sejak dahulu, sekarang dan yang akan datang, kita dapat menyimpulkan bahwa manusia mengalami 6(enam )  alam atau zaman.
1.   Zaman Azali, yaitu zaman dimana Allah baru membikin perencanaan seluruh makhluk - Nya. Disaat itu Allah membikin ruh seluruh manusia sekaligus. Bagi ruh tidak ada hubungan kebapak-an atau keibuan, anak dan sebagainya. Setelah ruh itu dimasukkan ke dalam jasad lalu dilahirkan kedunia, barulah mempunyai hubungan bapak, ibu , anak, cucu dan sebagainya.
Pada masa ini pun direncanakan alam semesta serta nasib seluruh makhluk - Nya. Direncanakan-Nya si A akan jadi laki - laki si B akan jadi wanita , ketentuan untuk jadi bapaknya, ibunya , lahirnya , umurnya ,  rezekinya , sehat atau sakitnya, anaknya dan sebagainya.
    Allah SWT berfirman : ( Artinya  )  :  " ... Katakanlah hai Muhammad ! Segala sesuatu itu dari Allah. "
2.    Alam Dunia, setelah alam Azali, Allah SWT membikin alam dunia, dimulai dengan membikin Nur ( Muhammad  ) . Dari Nur itu berkembang menjadi air, tanah, langit dan seluruh planetnya, hewan, tanaman, malaikat, jin, syetan. Akhirnya diciptakan-Nya manusia dari tanah yang dimulai dengan Nabi Adam as, kemudian diciptakan - Nya anak cucunya dari air mani ( sperma  ) dan Siti Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam as.
    Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya  )  :  " Sesungguhnya Allah sebelum membikin segala sesuatu, membikin dahulu Nur Nabimu ( Muhammad SAW  )  dari Nur - Nya. "  ( Al-Hadist  ) .
   Allah SWT berfirman  : ( Artinya  )  :  "  Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu sari pati ( berasal  ) dari tanah. Kemudian Kami jadikan sari pati itu air mani ( yang disimpan  ) dalam tempat yang kokoh ( rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, dari
segumpal darah Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang- belulang,lalu tulang - belulang itu Kami bungkus dengan daging, kemudian Kami jadikan dia makhluk yang berbentuk lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta yang paling baik. " ( QS : Al - Mu'minun  : 12 - 14 ) . ( BERSAMBUNG  ) .
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri dulu tulisan ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : HIMPUNAN KHUTBAH. Seri 1. Oleh : H. Moch. Anwar *
              ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
              ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
              ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA