KHUTBAH GERHANA ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Adanya gerhana menunjukkan kekuasaan Allah SWT. Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa matahari, bulan dan bintang-bintang yang bertaburan dijagad raya berjalan pada peredarannya. Betapa akuratnya Allah SWT mengatur semuanya, sehingga tidak menyebabkan saling bertubrukan, karena bila bertubrukan akan mengakibatkan kehancuran sebagaimana Firman-Nya dalam Al-Qur'an  :( artinya )  :  "  Semuanya beredar pada falaknya  ( jalannya  ) . ( QS  : Al Anbiya  : 33 ) .
   Seluruh planet berjalan pada jalannya yang telah diatur dan ditentukan oleh Allah. Beredarnya planit-planit ibarat berjalannya kendaraan dikota-kota yang demikian banyaknya tidak ada pengaturan dan peraturannya, sudah tentu kendaraan itu akan banyak yang bertubrukan dipinggir sehingga mengakibatkan gerhana, karena sebagaimana kita mengetahui bahwa bulan dan bumi sifatnya menerima sinar dari matahari.
  Perhatikan Firman Allah SWT : ( Artinya  )  :  "  Dialah (  Allah )  yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah - manzilah ( tempat - tempat  )  bagi perjalanan bulan. supaya kalian mengetahui bilangan dan perhitungan ( waktu )  Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia ( Allah  )  menjelaskan tanda-tanda   ( kebesaran-Nya   )  kepada orang - orang yang berilmu  . " ( QS  : Yunus  : 5 ) .
    Dalam ayat ini Allah SWT menerangkan bahwa matahari bersinar, sedangkan cahaya bulan yang menerangi bumi adalah merupakan pantulan dari sinar matahari. Demikian diterangkan dalam tafsir Ruhul Bayan juz 1V hal 12 .
    Dengan demikian matahari menjadi pusatnya dan bila antara matahari dan bulan terhalang oleh bumi, atau antara matahari dan bumi terhalang oleh bulan maka terjadilah gerhana.  ( Bersambung  ) .
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri dulu tulisan ini religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  ) diambil dan dikutip dari buku : HIMPUNAN KHUTBAH. Seri 1. Oleh : H. Moch. Anwar  . *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
           ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
           ***
       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA