BERDUSTA SEDANG BERPUASA

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiimg Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Banyak tidak disadari akan  bahayanya berkata dusta ketika sedang menjalankan ibadah puasa . Hakikat puasa bukan saja meninggalkan makan , minum dan jima' pada siang hari dibulan Ramadhan.
    Berdusta ketika berpuasa telah diisyaratkan Rasulullah SAW  dalam sabdanya  :  ( Artinya  )  :  " Barangsiapa siapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan tetap  melakukannya , maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya. " ( HR  : Bukhari  ).
  Label munafik diberikan Rasulullah SAW kepada orang yang berpuasa namun berdusta dalam sabdanya  : ( Artinya  )   : "    Ada tiga hal apabila ada padanya, dia adalah seorang yang munafik walaupun dia puasa, shalat, dan merasa dia seorang muslim. Apabila bicara , dia berdusta. Apabila berjanji, dia tidak menetapi. Dan apabila diberi amanat, dia khianat. "  ( HR  : Bukhari dan Muslim  ) .
   Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya  )  : "   Sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebaikan, dan kebaikan itu membawa kesyurga, dan sesungguhnya seseorang berupaya untuk selalu jujur sehingga tercatat disisi Allah sebagai orang yang jujur. Dan sesungguhnya dusta itu membawa kepada dosa, dan dosa itu membawa ke Neraka, dan sesungguhnya seseorang selalu berdusta sehingga tercatat disisi Allah sebagai pendusta.  " ( HR  : Bukhari dan Muslim  ) .
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
               ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : 89 KESALAHAN SEPUTAR PUASA RAMADHAN. Oleh : Abdurrahman Al-Mukaffi. *
               ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
               ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
               ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA