BERBUAT BAIK KEPADA ORANG TUA ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim- Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Kita sekalian lahir kealam dunia ini melalui kedua orang tua kita. Setelah kita lahir, mereka mengurus kita sampai dewasa, bahkan adakalanya sampai kita berumah tanggapun tidak luput dari perhatiannya, dengan mengurus anak - anak kita, yang kasih sayangnya tidak kalah kepada kita waktu kecil, bahkan lebih.
   Untuk itu perlu kita resapi dengan seksama dan dengan hati nurani yang murni, betapa repot , lelah dan capeknya kedua orang tua kita mengurus kita. Mereka tidak memperdulikan waktu, baik dikala tidur ataupun makan selalu menyambilnya untuk membersihkan kita baik dari kotoran ataupun kencing, apalagi bila sakit.
Begitulah peristiwa tersebut berlangsung selama beberapa tahun. Sesudah agak besar , mereka sibuk mencari harta tambahan guna membiayai sekolah kita, yang kadangkala berpuluh tahun lamanya dan  membutuhkan biaya berjuta rupiah.
   Lebih repot lagi bila kita menjadi anak yang nakal yang membandel kepada orang tua. Betapa sakit dan kesalnya hati mereka. Akan tetapi meskipun merepotkannya, kasih sayang mereka tidak pernah luntur.
   Oleh karena itu, Allah SWT
mewajibkan kita berbuat baik dan menta'atinya dan Allah SWT melarang kita menyakiti mereka.
  Perhatikan Firman Allah SWT : ( Artinya  )  :  " Ibadahlah kalian kepada Allah dan jangan menyekutukan-Nya dengan sesuatu. Dan berbuat baiklah kepada ibu bapak, para kerabat , anak-anak yatim , orang - orang miskin , tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh , teman sejawat , orang yang dalam perjalanan dan hamba sahaya kalian. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri  "  ( QS  : An Nisa : 36 ) .
   Dalam ayat ini Allah menempatkan kedudukan orang tua diurutan kedua sesudah beribadah kepada Allah.
   Firman Allah SWT  :  ( Artinya  )  : "   Dan kami amanatkan kepada manusia agar berbuat baik pada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah  ( karena mengandung  ) ditambah kelemahan lagi ( lemah karena merasakan sakit disaat melahirkan  ). ( Lalu mengurusnya dan menyusuinya ) dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kalian kepada-Ku dan pada kedua orang tuamu. Hanya kepada-Ku lah tempat kalian kembali. " ( QS  : Luqman : 14 ).  ( BERSAMBUNG  ) .
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri dulu tulisan ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : HIMPUNAN KHUTBAH. Seri 1. Oleh : H. Moch. Anwar. *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga
dapatanda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA