AMAL PERBUATAN CALON AHLI SYURGA ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini, artikel religius berjudul sesuai tersebut diatas akan saya lanjutkan penulisannya sebagai berikut : Sebagaimana Firman Allah SWT  : ( Artinya  )  :  "  Dan sungguh Kami jadikan untuk isi Neraka Jahannam kebanyakan dari Jin dan manusia, mereka mempunyai hati tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami ( ayat-ayat Allah ) dan mereka mempunyai mata ( tetapi  ) tidak dipergunakan untuk melihat ( tanda-tanda kekuasaan Allah)  dan mereka mempunyai telinga  ( tetapi ) tidak dipergunakannya untuk mendengar ( ayat - ayat Allah  ) . Mereka laksana binatang, bahkan lebih sesat dari binatang. Mereka adalah orang-orang yang lupa  ( lalai ) . " ( QS  : Al-A'raf :  179 ) .
    Binatang buas , liar, akan diburu orang agar mati, setelah mati tidak akan dipersoalkan lagi. Lain halnya dengan manusia yang jahat. Sesudah matinya akan dihidupkan lagi oleh Allah, kemudian dimasukkan kedalam siksaan api Neraka yang berabad-abad lamanya.,bahkan apabila membunuh orang tanpa alasan yang hak dan tidak bertaubat, akan kekal di Neraka.
    Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang ingin menduduki atau mendapatkan kemuliaan yang abadi dan lebih berbahagia dari kehidupan didunia, satu-satunya jalan ialah taqwa kepada Allah SWT.
    Perhatikan Firman Allah SWT : ( Artinya  )  :  "  Sungguh beruntung orang - orang yang beriman, yaitu yang khusyu' dalam shalatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari ( perkataan dan perbuatan  ) yang tidak berguna.  Dan orang - orang yang mengeluarkan zakat. Dan orang - orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap istri istri mereka atau budak yang mereka miliki. Maka sesungguhnya dalam hal ini mereka tidak tercela. Barangsiapa yang mencari dibalik itu, mereka itulah yang melampaui batas. Dan mereka yang memelihara amanat ( yang dipikulnya ) dan mendapati janjinya. Dan orang - orang yang memelihara shalatnya. Mereka itulah yang akan mewarisi, yakni mewarisi  syurga Firdaus, mereka kekal didalamnya.  " ( QS  : Al-Mukminun  :  1 - 11 ).
   Itulah sifat-sifat calon ahli syurga yang mempunyai kebahagiaan yang abadi. Dan perlu diketahui bahwa shalat yang khusyu' akan tampak dari ketertiban dan kehidmatan shalat , kepala menunduk ketempat sujud, dan ia merasakan bahwasanya yang dihadapinya itu adalah Allah SWT, sehingga hatinya hanya tertuju kepada Allah semata. Ia melupakan semua pekerjaan kesenangan, atau kesedihan juga harta bendanya.
Ia sungguh - sungguh memusatkan pikirannya hanya kepada Allah SWT semata.
   Agar shalat kita memenuhi ketentuan tersebut, langkah pertama, niatilah dengan ikhlas, tekadkan dengan kuat serta latihan dengan penuh perhatian.
   Sifat manusia yang beriman akan tampak dari tingkah lakunya, menjauhkan diri dari perbuatan - perbuatan yang tercela seperti zina dan  perbuatan - perbuatan maksiat lainnya, dan sentiasa mengerjakan segala kebaikan terutama yang di perintahkan oleh Allah SWT. Kesemuanya dapat dilaksanakan dengan baik, bilamana seseorang sudah mempunyai keimanan yang kokoh kuat. Oleh karena itu, terlebih dahulu kala harus memperkuat keimanan kepada Allah dan rukun iman yang enam.
    Semoga Allah SWT memberikan hidayah dan taufik - Nya kepada kita sekalian, agar kita dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada - Nya. ( Selesai  ) .
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini , berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua.  Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul baru tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
*   Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : HIMPUNAN KHUTBAH. Seri 1. Oleh :H. Moch. Anwar *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA