SYARAT - SYARAT BERHIJAB

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji bagi Allah SWT Yang menciptakan manusia dengan sebaik-baik bentuk. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia , Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW yang telah membawa umat manusia dari alam kejahiliyahan menuju dunia modern yang penuh petunjuk dan sinar Al-Qur'an Al-Karim.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Dengan memperhatikan ayat-ayat Al-Qur'an yang membahas tentang ghadhdhul bashar ( penundukkan pandangan ) dan pemeliharaan kemaluan ( juga Hadist - hadist tentang pengharaman memandang wanita yang bukan mahramnya  ) kita dapat mengetahui, bahwa pria telah diperintahkan agar menahan pandangannya,menjaga kemaluannya dan melindungi dirinya dari perbuatan keji. Demikian pula wanita, diperintahkan agar berbuat demikian. Namun selain itu , wanita juga diperintahkan menutup aurat dan dilarang menampakkan perhiasan - perhiasannya, kecuali yang biasa terlihat. Sebagaimana telah difirmankan Allah SWT dalam Al-Qur'an  : ( Artinya  )   : " Dan janganlah mereka menampakan perhiasannya kecuali yang  ( biasa  ) nampak dari padanya. "  ( QS  : An - Nur  : 31 ) .
   Selain itu , mereka juga diperintahkan menutupi perhiasan- perhiasannya. Dalam hal ini Allah SWT berfirman  :  " Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudungnya kedadanya.  " ( An-Nur : 31 ).
   Kemudian , Allah SWT menerangkan, kepada siapa mereka boleh menampakkan perhiasannya  dalam Firman-Nya : ( Artinya  ) :  "  Dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka , atau ayah suami mereka ,  atau ayah suami mereka , atau putera-putera mereka , atau putera-putera suami mereka , atau saudara - saudara pria mereka , atau putera-putera saudara pria mereka, atau putera-putera saudara wanita mereka , atau  - wanita - wanita Islam , atau budak - budak yang mereka miliki, atau pelayan pria yang tidak mempunyai keinginan terhadap wanita, atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.  " ( QS  : An - Nur  : 31  ) .
   Selanjutnya , mereka didalam mencari perhatian dengan berbagai macam tingkah, Allah SWT berfirman  : ( Artinya  )  : "   Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.  " ( An-Nur :  31 ).
   Lalu , Allah SWT menganjurkan kepada kaum pria dan juga kaum wanita untuk bertobat, dengan Firman-NYA  : ( Artinya  )  :  "  Dan bertobatlah kalian kepada Allah , wahai orang - orang yang beriman, supaya kalian beruntung.  " (  QS  : An-Nur  :  31 ).
    Syarat - syarat berhijab , sebagaimana disebutkan oleh Al-Albani dalam kitabnya berjudul  : Hijabul Mar'ah al Muslimah , 
dan juga disebutkan oleh para Ulama didalam Kitab Fiqih , yaitu:
1.    Harus menutupi seluruh tubuh ( kecuali wajah dan telapak tangan  ).
2.    Harus dengan kain tebal dan tidak boleh tipis.
3.    Pakaian itu sendiri bukan merupakan perhiasan.
4.    Harus longgar dan tidak sempit.
5.    Tidak boleh memakai parfum yang baunya sangat menyengat.
6.    Tidak boleh menyerupai pakaian pria.
7.    Tidak boleh menyerupai pakaian orang - orang kafir.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : WAHAI PUTRIKU TUTUPLAH AURATMU. Oleh : Zahrah Ahmad Al-ma'iy. *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA