SUNNAH AKHIRKAN SAHUR DAN SEGERA BERBUKA

Assalamualaikum wr wb. Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa , Dzat Yang Memiliki segala keagungan, kesempurnaan , dan kemuliaan yang menciptakan sekaligus menjadi penguasa tunggal alam semesta beserta isinya sekaligus juga penguasa tunggal di Hari Pembalasan Nanti.Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
  Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Ya'la bin Murah mengutarakan , Muhammad Rasulullah SAW bersabda  : ( Artinya  )  :  " Tiga hal yang dicintai Allah SWT, yaitu segera berbuka, mengakhirkan sahur dan menepukkan tangan yang satu ketangan yang lain ketika shalat. "  ( HR  : Thabrani  ) .
   Sidang pembaca , yang dimaksud dengan menepukkan tangan yang satu ketangan yang lain adalah peringatan yang diberikan oleh jamaah wanita dalam shalat apabila sang imam melakukan kesalahan. Dalam hal ini wanita tidak mengucapkan bacaan tasbih. Yaitu  :  'Subhanallah'  ( Maha Suci Allah  )  karena suara wanita terhitung aurat.
    Sulaiman bin Amir Adl Dlabiy menyampaikan, Muhammad Rasulullah SAW bersabda   :  " Barangsiapa mendapatkan korma, hendaklah ia berbuka dengan korma itu, dan barangsiapa yang tidak mendapatkan korma, hendaklah ia berbuka dengan air, karena air itu adalah pencuci. " ( HR  : Turmidzi, Abu Daud ,  dan Ibnu Hibban  )
   Muhammad Rasulullah SAW bersabda  : "   Apabila seseorang diantara kamu berbuka, hendaklah berbuka dengan sebiji korma, karena sesungguhnya korma itu berbarokah.  " ( HR  : Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban , dan Hakim  ).
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
             ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : PETUAH-PETUAH RASULULLAH. Jilid 5. MASALAH SEPUTAR ZAKAT & PUASA. Oleh : Syamsul Rijal Hamid. *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
              ***
* Artikel  religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
              ***
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA