RASULULLAH SAW PERNAH BERPUASA WISHAL

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Ibu Umar mengkisahkan, Muhammad Rasulullah SAW per berpuasa wishal pada bulan Ramadhan, lalu diikuti oleh para sahabatnya. Setelah itu beliau melarang puasa wishal.
   Para sahabat bertanya  : "  Bukankah engkau melaksanakan puasa wishal, ya Rasulullah ? "
   Rasulullah SAW menjawab : " Sesungguhnya aku tidak seperti kalian. Aku diberi makan dan minum oleh Tuhanku. " ( HR  : Muttafaqun Alaih ).
   Abu Hurairah ra mengabarkan , bahwa Muhammad Rasulullah SAW pernah melarang orang melakukan puasa wishal. Maka berkatalah seorang lelaki kepada beliau : "  Bukankah engkau sendiri melakukan puasa secara wishal, ya Rasulullah ? ." 
   "  Tidak seorangpun diantara kamu yang menyamaiku. "  jawab Rasulullah SAW :  "  Bila hari telah malam, aku diberi makan dan minum oleh Tuhanku. "
    Abu Hurairah ra mengatakan, bahwa Muhammad Rasulullah SAW bersabda : "  Janganlah kamu berpuasa secara wishal.  "
   Para sahabat protes  : "  Bukankah engkau sendiri melakukan puasa wishal ?  "
   Rasulullah SAW bersabda : "  Kalian tidak akan sanggup melakukannya seperti aku . Bila hari malam, aku diberi makan dan minum oleh Tuhanku. Karena itu , beramal ibadahlah sesuai dengan kemampuanmu. " ( HR  : Muslim  )
    Saudaraku,  sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PETUAH-PETUAH RASULULLAH. Jilid 5. SEPUTAR MASALAH ZAKAT & PUASA. Oleh : Syamsul Rijal Hamid. *
              ***
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com*
              ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : 
Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
              ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA