PUASA SUNNAH HARI AROFAH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Muhammad Rasulullah SAW bersabda :  "  Puasa pada hari Arofah itu dapat menghapuskan dosa selama dua tahun, yaitu satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Adapun puasa Asyura' dapat menghapuskan  dosa selama satu tahun yang lalu. "  ( HR  : Muslim  ) .
    Bagi orang yang sedang melaksanakan ibadah haji, puasa pada hari itu tidak disunahkan.
Bahkan sebaliknya, dilarang melakukannya seperti dikatakan dalam Hadist berikut ini : ( Artinya  )  : "   Abu Hurairah ra  memberitahukan :  "  Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang puasa pada hari Arafah itu bagi orang-orang yang berada di Arafah. " ( HR  : Abu Daud dan Nasa'i  ) .
   Larangan ini berlaku bagi orang yang sedang
melaksanakanhaji, agar dia kuat untuk berdoa di Arafah. Namun  Qatadah mengatakan  :  Tidak salah melakukan puasa Arafah selagi tidak membuatnya lemah untuk melakukan doa." Sedangkan Ahmad berkata : " Apabila ia sanggup berpuasa, ia boleh berpuasa. Namun , jika tidak kuat, hendaklah ia  berbuka.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PETUAH-PETUAH RASULULLAH. Jilid 5. SEPUTAR MASALAH ZAKAT & PUASA. Oleh : Syamsul Rijal Hamid. *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com. *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id
atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA