BENCANA ALAM ADALAH HIKMAH

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan serta memohon ampunan-Nya. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Kita sering mendengar bahkan melihat baik secara langsung maupun melihat melalui TV , Vidio , dan lain sebagainya bencana alam dimana-mana. Apa rahasia adanya bencana alam seperti gempa bumi, letusan Gunung berapi, angin topan atau banjir ? Apakah bukan berarti malapetaka itu berlawanan dengan Rahmat Kasih Sayang Allah ?
   Sidang pembaca , sesungguhnya terjadinya bencana alam didunia terhadap umat manusia, justru merupakan inti Rahmat Allah. Allah menaklukkan kekuatan alam untuk kepentingan manusia.
    Gempa bumi yang terjadi, berupa angin puyuh, taufan, banjir , atau gempa bumi, terbatas sekali. Tidak pernah terjadi gempa bumi yang menghancurkan seluruh dunia. Tidak pernah pula Allah menjauhkan jarak matahari dari bumi yang menjadikan bumi ini gelap. Dan tidak pernah Allah memberi bencana secara terus menerus kepada suatu bangsa tanpa  antara.
    Semua kejadian - kejadian yang terjadi itu adalah suatu perjalanan bagi manusia agar menyadari akan kenikmatan Allah dan sekaligus pula memberi tahu kepada manusia, bahwa ia tidak mampu menguasai seluruh alam semesta ini. Memberi tahu kepada manusia agar ia sadar dan ingat akan kenikmatan  dan kodrat Allah. Memberi tahu kepada manusia bahwa sebenarnya ia lemah, ia tidak mampu dan tidak punya daya dalam menghadapi bencana itu. Hanya Allah yang dapat menundukkan alam dan seisinya, yang alam itu diberikan dan untuk kepentingan manusia.
   Kalau kejadian - kejadian itu kita perhatikan dan kita renungkan, maka bencana yang terjadi itu merupakan peringatan, Rahmat dan Kasih Sayang Allah kepada umat manusia, agar tidak berlarut-larut terjerumus kejurang kebinasaan, sebagai Peringatan agar manusia kembali kepada-Nya.    
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ANDA BERTANYA ISLAM MENJAWAB . Oleh : Frof. Dr. M. Muttawalli Sya'rawi *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA