KEUTAMAAN TASBIH ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada Allah SWT kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung, yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Apa itu  tasbih ?  Tasbih adalah ucapan Subhaanallaah. Artinya  :  Maha  Suci Allah. Dalam ayat Al Qur'an, tasbih terkadang disandingkan dengan tahmid. Terkadang juga sendirian. Dalam Hadist juga demikian , terkadang disandingkan  dengan tahmid  namun juga terkadang tidak. Dalam keterangan Hadist, tasbih juga digabungkan dengan tahmid , takbir, dan hauqalah ( Laa haula walaa quwwata illaa billaah ). Artinya  : Tidak daya dan upaya kecuali dengan Allah .
    Allah SWT melukiskan penduduk syurga dalam Firman-Nya sebagai berikut : " Doa mereka didalamnya ialah ,  'Subhaanallaahumma' ,  dan penutup doa mereka ialah ,  'Alhamdulillahi Rabbil aalamiin'  ( QS : Yunus : 10 )
    Dari Abu Hurairah ra diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda  :"  Barangsiapa yang setelah selesai shalat membaca tasbih tiga puluh tiga kali, tahmid tiga puluh tiga kali , takbir tiga puluh tiga kali dan menutup hitungan keseratus dengan kalimat  'Laa ilaaha illalllah wahdahu laa Syariikalahu lahul mulku walahul hamdu wahuwa alaa kulli syai'in qadir " ( tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa lagi tidak memiliki sekutu. Milik - Nyalah Kekuasaan dan Pujian. Dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu ) " ,  niscaya dosa-dosa orang itu diampuni kendati sebanyak buih dilautan.  " ( HR  : Muslim  ) .
   Dari Abdullah Ibnu Mas'ud ra diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda  : "  Tasbih ( Subhanallah ) adalah separuh timbangan, dan Alhamdulillah yang membuatnya penuh. Sedangkan  'Laa ilaaha illalllah' tidak memiliki penghalang apapun dengan Allah jika diucapkan dengan ikhlas "  ( HR  : Turmidzi  ) .
    Dari Abu Hurairah ra diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda  :"   Ada dua kalimat yang ringan diucapkan lisan, berat diatas timbangan, dan sangat disukai Tuhan Yang Maha Penyayang : " Subhaanallaah wa bihamdihi, subhaanallaahal Adzim  ( Maha Suci Allah , bagi - Nyalah  segala pujian. Maha Suci Allah Yang Maha Agung. "  ( HR  : Bukhari dan Muslim  ) .
    Dari Abu Dzar ra diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bertanya padanya : " Maukah kau kuberi tahu kalimat yang paling disukai Allah ?  "
    "  Rasulullah, beritahukan padaku kalimat itu ! . "
    "  Kalimat yang paling disukai Allah adalah ,  Subhaanallaah wa bihamdihi  " (HR  : An-Nasa'i  dan Turmidzi  ) .
     Dari Abu Hurairah ra diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda  :"   Barangsiapa mengucapkan , 'Subhaanallaah wa bihamdihi' seratus kali dalam sehari, niscaya dosa-dosa orang itu diampuni kendati sebanyak buih dilautan. " ( HR  : Muslim dan Turmidzi  ) . ( Bersambung ).
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri dulu tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : TERAPI DENGAN ZIKIR . Oleh  : Dr Abdul Halim Mahmud. *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda  temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA