KEUTAMAAN TASBIH ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini,  artikel religius berjudul sesuai tersebut diatas akan saya lanjutkan penulisannya sebagai berikut  : Dari  Sulaiman bin  Yasar ra dari salah seorang sahabat Anshar diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda :  " Nabi Nuh berkata pada putranya, Aku akan memberikan wasiat pendek padamu supaya kau tidak melupakannya. Lakukan dua perkara dan tinggalkan dua perkara. Dua hal yang pertama sangat disenangi  Allah dan hamba - Nya yang shaleh. Aku berwasiat dengan , 'Laa ilaaha illalllah' . Sekiranya langit dan bumi disatukan dengan rantai, maka kalimat itu sanggup mememutusnya. Sekiranya keduanya diletakkan pada satu timbangan, maka berat kalimat itu mampu menyamainya. Aku juga berwasiat dengan 'Subhaanallaah wa bihamdihi' karena kalimat itu makhluk menyembah. Karenanyalah makhluk mendapatkan rezeki. Dan tak ada  suatu apapun melainkan bertasbih dengan memuji - Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun. (QS  :  Al-Isra :44 ).
Sedangkan dua perkara yang tidak boleh engkau lakukan agar tidak terhalang dari Allah dan hamba - Nya yang shaleh adalah syirik dan sombong.  " ( HR  : An-Nasa'i , Al-Bazzar , dan Al-Hakim,  menurutnya sanad Hadist ini shahih  ).
     Dari Mus'ab bin Sa'ad ra dari ayahnya diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda :"  Sanggupkah kalian melakukan seribu kebaikan dalam sehari?  "     " Bagaimana mungkin kami melakukan seribu kebaikan dalam sehari ? " tanya salah seorang sahabat. "  Bacalah tasbih seratus kali , Allah akan menulis pahala seribu kali kebaikan dan menghapus seribu dosa kejahatan. " ( HR  : Muslim , Turmidzi, dan An-Nasa'i  ) .
     Dari Abu Hurairah ra diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : " Mengucapkan Subhaanallaah walhamdulillah walaa ilaaha illalllah wallahu akbar ( Maha Suci Allah segala pujian hanya milik Allah. Tiada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar ), lebih aku sukai daripada  melihat matahari terbit ." ( HR   : Muslim dan Turmidzi ) .
     Dari Samurah bin Jundab ra diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : " Ucapan yang paling disukai Allah ada  empat  : Subhaanallaah. Walhamdulillah. Walaa ilaaha illalllah. Wallahu akbar. Tidak masalah kau mulai dari yang mana saja. "  ( HR  : Muslim dan Ibnu Majah  ) .
     Sidang pembaca ,  akhir dari  tulisan ini akan saya sampaikan tiga buah surat yang termaktub didalam Kitab Suci Al-Qur'an sebagai berikut :
*  Allah SWT berfirman  : ( Artinya  )  : " Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada didalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatu pun melainkan bertasbih dengan memuji - Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun."  (  QS : Al-Isra  : 44 ).
*  Firman - Nya lagi  : ( Artinya  )   :  Dan bertasbihlah sambil memuji Tuhanmu sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam(nya). Dan bertasbihlah kamu kepada - Nya dimalam hari dan setiap selesai shalat . " ( QS : Qaf  : 39 - 40 ).
*  Firman - Nya lagi  :  ( Artinya  ) : "   Dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu  bangun berdiri, dan bertasbihlah kepada-Nya pada beberapa saat di malam hari dan diwaktu terbenam bintang - bintang ( diwaktu fajar  ) ."  ( QS   :  Ath - Thur : 48 - 49 ) .
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul baru tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : TERAPI DENGAN ZIKIR  Oleh : Dr Abdul Halim Mahmud. *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA