SURAT YASIN ADALAH JANTUNGNYA AL-QUR'AN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun artikel religius berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Surat Yasin adalah surat ke 36 dalam Al Qur'an yang terdiri dari 83 ayat,  termasuk golongan surat Makiyah yang diturunkan sesudah surat Al-Jin. Nabi SAW menyebut surat Yasin ini dengan sebutan Jantung Al-Qur'an.
     Disebut surat Yasin , sebab surat ini dimulai dengan huruf " Yaa siin ". Arti dari kata-kata Yasin ,  sengaja dirahasiakan oleh Allah. Tidak ada yang mengetahui artinya selain Dia ( Allah SWT  ) sendiri.
    Sementara  keutamaan  ( fadhilah  ) adalah sebagai berikut :
1.    Pahala membaca surat Yasin menyamai dengan pahala mengkhatamkan Al-Qur'an 10 kali.
Hal ini telah ditegaskan oleh Nabi SAW dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Sahabat  Anas : ( Artinya  )  :  "  Sesungguhnya setiap sesuatu itu ada jantung hatinya. Jantung hati AL-QUR'AN adalah surat Yasin. Siapa pun yang membaca surat ini, maka Allah akan menetapkan  ( pahala  ) baginya seperti membaca Al- Qur'an sepuluh kali. "  (  Al-Hadist ) .
2.    Mendapat ampunan Allah :
Dalam sebuah Hadist Nabi SAW pernah bersabda  :  ( Artinya  )   : " Barangsiapa yang membaca surat Yasin hanya mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang terdahulu akan diampuni, karena itu bacakanlah surat Yasin dihadapan orang - orang yang mati diantara kalian "
( Al-Hadist  ) .
3.   Dapat memberikan syafaat pertolongan bagi pembacanya, dapat memberikan ampunan bagi yang mendengarnya, menghilangkan rasa takut dihari Kiamat kelak, bisa menolak kejahatan, dan bisa mendatangkan segala hajat bagi pembacanya.
Dalam hal ini Nabi SAW pernah menjelaskan dalam sebuah Hadist yang dikeluarkan oleh istri beliau, yakni Aisyah : (  Artinya  )  :  "  Sesungguhnya di dalam Al - Qur'an terdapat satu surat yang dapat memberikan syafaat kepada pembacanya dan memberikan ampunan kepada yang mendengarkannya. Ketahuilah bahwa surat tersebut adalah surat Yasin, yang didalam Taurat disebut : "  AlMa'unah ". ( Seorang sahabat) bertanya  : " Ya  Rasulullah ,  apakah AlMa'unah itu ? ". Rasul menjawab  :  " Ialah yang menjadi penyebab bagi orang-orang yang membaca dan mendengarkannya akan mendapatkan kebaikan didunia dan akan menghilangkan rasa takut diakhirat. Surat Yasin juga disebut " Ad Dafi'ah " dan " Al Qadiyah ". ( Seorang sahabat  ) bertanya : "  Ya Rasulullah , mengapa demikian ?. " Beliau menjawab  :  "  Karena dapat menolak kejahatan dan dikabulkannya segala hajat bagi yang membacanya."  ( Al-Hadist  ) .
4.    Meringankan siksa kubur :
Sahabat Anas pernah meriwayatkan sebuah Hadist Nabi SAW sebagai berikut : ( Artinya  )   :  "  Siapapun yang memasuki pekububuran lalu membaca surat Yasin, maka Allah akan meringankan siksa ahli kubur pada hari itu, dan bagi pembacanya akan memperoleh kebaikan  ( pahala ) sebanyak orang yang berada dalam pekuburan tersebut." ( Al-Hadist  ) .
5.   Mempercepat proses pencabutan nyawa pada saat SAKARATUL maut. Karena inilah maka Nabi SAW sendiri menganjurkan  : " Bacakanlah surat Yasin untuk orang ( yang akan ) mati. "  ( HR  : Abu Daud  ) .
6.   Mendatangkan ampunan Allah, terutama jika dibaca pada malam hari jumat.
Sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi SAW pernah bersabda :  "  Siapa saja yang membaca surat Yasin pada malam jumat, maka pagi harinya akan mendapatkan ampunan. " ( Al-Hadist  ) .
7.    Mendapatkan kemudahan dalam berbagai persoalan hidup :
Dalam sebuah Hadist yang diriwayatkan oleh sahabat Syahr bin Hausah , Nabi pernah menjelaskan hal tersebut : ( Artinya  )  : "   Barangsiapa yang membaca surat Yasin diwaktu pagi, maka akan mendapatkan kemudahan dihari itu hingga waktu sore. Dan barangsiapa yang yang membacanya dipermukaan malam, maka akan mendapatkan kemudahan pada malam itu sampai pagi. " ( Al-Hadist  ) .
   Keterangan senada juga disebutkan dalam sebuah Hadist : ( Artinya  )  : "   Siapapun yang membaca surat Yasin pada permulaan hari,  niscaya akan dipenuhi segala hajatnya.  " ( Al-Hadist  ) .
    Berkaitan dengan ini, dalam kitab Minhajul Hanif disebutkan bahwa diantara keutamaan surat Yasin adalah dapat mempermudah memperoleh semua hajat yang kita butuhkan. Dalam Kitab ini disebutkan cara - cara khusus untuk mengamalkan surat Yasin, yakni sebagai berikut :
1.   Surat Yasin dibaca sebanyak 7 ( tujuh  )  kali sesudah  shalat Subuh.
2.   Pada bacaan lafadz  " Yaa Siin " dibaca 7 kali. 
3.   Sampai pada kalimat  " dzalika taqdiirul azizil 'alim " dibaca sebanyak 14  kali.
4.   Jika sampai pada Kalimat " Salamun qaulam mirrobbirrahim " dibaca 7  kali.
5.   Sampai diayat " Awalaisalladzi... ( ayat 81 ) "  dibaca  12 kali .
6.   Setelah selesai membaca surat Yasin sebagaimana cara diatas , selanjutnya membaca surat Al Fatihah satu  kali, membaca basmalah, sekaligus lalu berdoa meminta kepada Allah segala sesuatu yang dihajatkan. ( Demikian Kitab Minhajul Hanif  )
    Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
           ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :
RAHASIA DIBALIK 99 BUTIRAN TASBIH. Oleh  :  Asrifin An Nakhrawie, S. Ag *
           ***
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
           ***
*  Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada t: Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
           ***



Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA