PENGERTIAN SHALAT SUNAT RAWATIB

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Bimbingan-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Selain shalat fardhu ( wajib  ) ada juga shalat sunat seperti salah sunat sebelum maupun sesudah shalat fardhu, Idhul Fitri, Idhul Adha dan sebagainya. Shalat sunat yang mengikuti shalat fardhu, dinamakan shalat sunat rawatib.
Hukum shalat rawatib dibagi menjadi dua bagian yaitu :
1.  Shalat sunat muakkad
2.  Shalat sunat gairu muakkad
    Baik shalat sunat rawatib muakkad maupun shalat sunat gairu  muakkad jika dikerjakan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan tidak mendapat siksa.
    Telah dijelaskan diatas bahwa shalat sunat rawatib adalah shalat yang mengikuti shalat wajib baik sebelum maupun sesudahnya. Shalat sunat rawatib muakkad sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut  : (  Artinya  )   :  Dari Abdullah bin Umar katanya  :   "  Saya ingat dari Rasulullah SAW ,  dua rakaat sebelum Dzuhur ,  dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat  sesudah Isya , dan dua rakaat sebelum Subuh . " ( HR   :  Bukhari - Muslim  )  .
    Hadist Nabi SAW tersebut diatas menjelaskan rakaat shalat rawatib muakkad dan waktunya :
    2 rakaat sebelum dan sesudah shalat Dzuhur.
    2 rakaat sesudah shalat maghrib
    2 rakaat sesudah shalat Isya
    2 rakaat sebelum shalat Subuh.
Shalat sunat rawatib gairu muakkad yaitu   :
    2 rakaat sesudah dan sebelum shalat Dzuhur
    2 rakaat sebelum shalat Ashar
    2 rakaat sebelum magrib.
Nabi Muhammad SAW bersabda  : ( Artinya  )   :  "  Dari Ibnu Umar sabda Nabi SAW : Allah memberi Rahmat kepada manusia yang shalat empat raka'at sebelum Ashar . " ( HR  : Turmidzi  ) .
    Shalat sunat rawatib baik yang muakkad maupun gairu muakkad apabila dihitung keseluruhannya adalah sebagai berikut  :
    2 rakaat sebelum Shalat Subuh
    2 rakaat sebelum dan sesudah shalat Dzuhur
    4 rakaat sebelum shalat Ashar
    2 rakaat sebelum dan sesudah shalat maghrib
    2 rakaat sesudah
shalat Isya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh Tim Penyusun  : DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN KELEMBAGAAN AGAMA ISLAM *
              ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com  *
              ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
              ***
            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA