WUDHU DAN TAYAMUM

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia, Rasul paling Agung yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Tuhan Yang Maha Esa memerintahkan kepada kita semua dengan Firman - Nya  :  ( Artinya  )   :  "  Hai orang-orang yang beriman , apabila kamu hendak mengerjakan shalat , maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai dengan kedua mata kaki. Apabila kamu berjunub maka mandilah. Dan jika kamu sakit  ( tidak boleh kena air dibadanmu ) atau dalam perjalanan, atau kembali dari buang air ( besar ,  kecil ) atau menyentuh perempuan sedang kamu tidak memperoleh air,  maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik ( yang tidak tercampur najis ) sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu Allah tidak hendak menyulitkan kamu,  tetapi Dia hendak mensucikan kamu dan menyempurnakan nikmat - Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. " ( QS :  Al Maidah  : 6 ) .
    Sebelum menegakkan shalat kita diwajibkan mengambil air sembahyang atau berwudhu.
    Air apakah yang boleh dipakai untuk berwudhu ? Air yang bersih ,  suci lagi bisa mensucikan. Misalnya air leiding, air sumur  ,  air sungai  ,  air laut.
Air apakah yang tidak boleh dipakai untuk berwudhu ? Air yang tidak boleh dipakai antara lain: air limun,  air soda ,  air kelapa ,  air tebu,  air pisang  ,  air teh.
   Bagaimana kalau kita sakit,  tidak boleh kena air dibadan ? Allah telah mewajibkan Tayamum,  sebagai ganti wudhu. Setentang mengambil Air wudhu dengan menggunakan air kita sudah sama-sama tahu.Dalam kesempatan ini saya akan sedikit menyampaikan  setentang Tayamum . Kita akan bertayamum dengan memakai tanah atau debu yang ada didinding rumah.
Adapun caranya ,  yaitu   : 
1.   Letakkan kedua telapak tangan diatas dinding yang berdebu atau tanah yang bersih.
2.   Membaca bismillah, lalu berniat :  Saya Tayamum wajib karena perintah Allah.
3.   Telapak tangan yang berdebu itu , ditiup,  lalu diusap kemuka dengan tekanan yang ringan. ( satu kali ).
4.   Letakkan sekali lagi telapak tangan kedinding ,  lalu sapulah punggung tangan kanan dengan tangan kiri. Dan sapulah punggung tangan kiri dengan tangan kanan.
5.   Tertib menurut urutannya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini ,  terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
           ***
*Bahan-bahan  ( materi  ) , diambil dan dikutip dari buku : CAKAP MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL QUR'AN, Oleh : Saadan Rahmany *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
           ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA