PENGERTIAN BERIMAN KEPADA HARI AKHIR

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun artikel religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Percaya kepada hari akhir merupakan salah satu rukun iman yang merupakan bagian penting dalam aqidah. Percaya kepada hari akhir akan dapat meyakinkan bagaimana kejadian yang terakhir bagi segenap benda yang pernah ada itu. Dengan mengetahui dimana pangkal dan dimana ujungnya, juga mengetahui siapa sumber dan bagaimana akhir kelak kejadiannya, maka seseorang dapat mengarahkan tujuan yang harus dicapai. Pada hari tersebut Allah membangkitkan semua makhluk, mengumpulkan mereka semua kepada-Nya untuk dihisab orang - orang baik dibalas dengan kenikmatan abadi di syurga,  dan orang jahat dibalas dengan siksa yang menghinakan di Neraka.
    Hari akhir ialah peristiwa dahsyat yang paling akhir yang sesudah itu tiada hari lagi seperti hari didunia. Hari Akhir disebut Hari Kiamat,  artinya hari hancurnya, binasa, dan musnahnya alam semesta dengan segala isi kandungannya. Akhir mempunyai makna penghabisan , tetapi tanpa ada kesudahannya dimasa itu. Hari Kiamat berarti berdirinya umat manusia dari alam kubur secara serempak sejak Adam hingga manusia yang hidup terakhir. Kita sebagai orang Islam harus percaya akan datangnya hari akhir. Jadi ,  beriman kepada hari akhir adalah meyakini bahwa hari akhir itu akan terjadi pada saat yang ditetapkan oleh Allah.
*  Perhatikan Firman Allah SWT  :  ( Artinya  )   :  "  Dan sesungguhnya Hari Kiamat itu pasti tiba dan tidak ada keragu-raguan didalamnya ( akan kedatangan  ) dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan orang - orang yang ada didalam kubur ."  ( QS  : Hajj : 7  ) .
    Datangnya Hari Kiamat ( Hari Akhir  )  didahului oleh tanda - tanda sebagai berikut  :
1.   Kemaksiatan merebak dimana - mana dan dilakukan dengan secara terang - terangan.
2.   Manusia kembali menyembah berhala seperti zaman dahulu.
3.   Manusia melupakan Allah karena sibuk dengan urusan dunia.
4.   Manusia telah kehilangan akal sehatnya dalam menghadapi segala permasalahan sehingga dengan perkara yang kecil saja saling membunuh antara satu dengan yang lainnya.
5.   Manusia saling memfitnah
6    Terjadi penyimpangan peredaran Tata Surya dan kecepatan rotasi dan revolusinya.
7.   Umat Islam dan Yahudi melakukan perang yang sangat dahsyat.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
*  Bahan-bahan ( materi  ) , diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Semester Ganjil. Untuk SMP/Mts. Tim Penyusun  :  Siti Lestari, S. Ag , M.SI  dkk  *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA