NABI DAN RASUL ALLAH ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini   , saya akan melanjutkan penulisan artikel berjudul sesuai tersebut diatas sebagai berikut  : Rasul - Rasul Allah memiliki 4 ( empat  ) sifat mulia, yaitu   :
1.  Ash - Shidqu. Artinya benar. Maksudnya Nabi -  Nabi itu benar pada ucapan, dan benar pada laku perbuatan
2.   Al Amanah . Artinya jujur , dapat dipercaya . Maksudnya Nabi - nabi itu tidak pernah berkhianat, terhadap Tuhan. Tidak berkhianat terhadap dirinya. Dan tidak pernah berkhianat kepada manusia.
3.   At Tabligh. Artinya menyampaikan. Maksudnya Nabi dan Rasul itu selalu berterus terang. Tak ada yang disembunyikan. Semua wahyu disampaikan dengan sempurna.
4.    Al Fatanah. Artinya cerdik atau pandai. Maksudnya Nabi dan Rasul itu memiliki kecerdikan dan kebijaksanaan dalam menyampaikan hujjah atau dakwah Islamiah.
     Sebagai bukti bahwa Nabi - nabi itu diutus oleh Allah, mereka diberi mukjizat ( hal-hal yang luar biasa  ). Seperti   :
-  Nabi Nuh as dapat mendatangkan banjir besar.
-  Nabi Ibrahim as tidak mempan dibakar.
-  Nabi Musa as tongkatnya dapat menjadi ular besar dan dapat membelah lautan.
-  Nabi Yunus as bisa hidup dalam perut ikan.
-  Nabi Daud as dapat melunakkan besi.
-  Nabi Sulaiman as dapat mengerti bahasa binatang

-  Nabi Isa as  dapat menghidupkan orang yang mati dan menyembuhkan bermacam penyakit.
-  Nabi Muhammad SAW mempunyai Kitab Suci Al - Qur'an yang kekal hingga akhir zaman.
    Diantara Rasul - rasul Allah ada lima orang yang disebut Ulul Azmi. Yaitu Nabi - nabi yang mempunyai kemauan yang tangguh. Memiliki kesabaran yang tinggi. Paling banyak menderita. Tidak putus asa dalam perjuangan menegakkan agama Islam. Mereka itu adalah  :
1.   Nabi  Nuh as 
2.   Nabi Ibrahim as
3.   Nabi Musa as
4.   Nabi  Isa as
5.   Nabi Muhammad SAW
     Perbedaan antara  Nabi dan Rasul  :
   * Nabi , yaitu orang suci lahir bathin yang menerima petunjuk  ( wahyu  ) dari Allah untuk diamalkannya sendiri.
   * Rasul , yaitu  Nabi yang diutus oleh Allah untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada umat. Jadi setiap Rasul itu adalah Nabi.
Tujuan diutus para Nabi itu adalah untuk membimbing manusia ke jalan yang lurus. Yakni jalan yang baik lagi benar dan diridhai oleh oleh Allah SWT.
Tugas pokok yang dibawa oleh Nabi Adam hingga Nabi Muhammad SAW adalah sama. Yaitu menyeru manusia supaya masuk Islam. Agar manusia bisa selamat dan berbahagia hidup di dunia. Dan selamat serta bahagia pula ketika kembali kekampung asalnya , yaitu  syurga .
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini judul tersebut diatas Bagian Kedua. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul baru tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
          ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : CAKAP MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL QUR'AN . Oleh :  Saadan Rahmany  *
          ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan :Www.hajisunaryo.com *
          ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
          ***



Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA