ADAB DALAM SHALAT ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius berjudul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini , saya akan melanjutkan penulisan artikel berjudul tersebut diatas sebagai berikut  :
Bagaimanakah caranya supaya shalat kita khusu'?. Hendaklah hati terus-menerus mengikuti makna ucapan lidahnya. Maka pikiran tenang , angan-angan tenang. Karena mengingat dan menghayati makna dan tujuan shalat kita.
    Apakah akibat jika kita tidak  mengikuti maknanya ? Akibatnya  ialah Shalat kita tidak sempurna. Tidak tahu tujuan shalat itu. Karena shalat tidak sempurna,  maka selesai Shalat sering melakukan maksiat , gampang menggunjing orang, mengganggu ketentraman dalam masyarakat. Selanjutnya ,  kadang - kadang shalat , kadang - kadang tidak.
Dahulu shalat sekarang tidak. Akibatnya hati tambah tidak tenang, pikiran tambah kacau, hidup terasa hampa. Tidak pernah berkecukupan , meskipun kekayaan sudah melimpah.
   Kenapakah sering terjadi kenakalan remaja didalam masyarakat?, Karena mereka tidak shalat dengan sempurna. Dan tidak diajar membaca Al - Qur'an oleh orang tuanya. Tuhan menasehati kita dengan Firman - Nya  : ( Artinya  )  :  "  Sesungguhnya shalat yang sempurna itu mencegah atau menghalangi kamu dari perbuatan keji dan mungkar. " ( QS  : Al - Ankabut : 45 ) .
   Apakah maksudnya keji? Yaitu perbuatan yang dikutuk Tuhan. Pekerjaan yang merusak jasmani dan rohani. Misalnya ,  minum minuman yang memabukkan , ganja dan narkotika ( narkoba  ).
   Apakah maksudnya mungkar? Yaitu perbuatan yang dilaknat Tuhan dan tidak disenangi manusia. Pekerjaan yang merusak akhlak, menimbulkan antipati masyarakat. Misalnya melanggar peraturan atau undang - undang, mencuri ,  berzina , dan menipu, tidak menepati janji.
   Orang diluar Islam dipastikan oleh Allah mereka masuk Neraka. Tetapi kenapakah ada sebagian orang beragama Islam didunia hina tidak bernilai, diakhirat mendapat siksaan Allah? Karena mereka tidak memperaktekkan petunjuk Allah dan tidak mengamalkan didikan Rasul-Nya secara menyeluruh.
*  Allah SWT berfirman didalam Kitab Suci Al-Qur'an  : ( Artinya  )   :  "  Kecelakaan  ( kehinaan  ) ditimpakan atas setiap orang yang shalat,  karena ia lalai dari shalatnya. Dan juga atas orang yang riya' dari shalatnya. ( lihat QS : Al Maun : 4 - 5 ) .
    Lalai karena mengulur-ngulur waktu dan lalai karena melamun sebab hati tidak mengikuti arti makna dalam shalatnya.
Kehinaan juga akan menimpa orang yang shalat bukan karena Allah,   tetapi karena ingin dilihat orang, ingin dapat pujian dari orang lain.
*  Perhatikan Firman Allah SWT  :  ( Artinya  )  :  "  Apakah yang menyebabkan kamu masuk Neraka Saqar? Mereka menjawab : "  Kami tidak termasuk golongan orang - orang yang shalat.  " ( QS : Al Mudatsir : 42  - 43 ).
     Sidang pembaca ,  jadi  nanti diakhirat orang Islam yang tidak shalat akan masuk Neraka Saqar terlebih dahulu. Disana mereka cakar-cakaran saling menyalahkan. Menumbuk batu kekepalanya masing-masing karena menyesal. Setelah dosa akibat keingkarannya itu habis terbakar, lalu dengan konci Dua Kalimah Syahadat ,  mereka memasuki syurga sesuai dengan amal perbuatannya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul baru tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : CAKAP MEMBACA DAN MENULIS HURUF AL QUR'AN. Oleh : Saadan Rahmany *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA