PENGERTIAN ADAB MAKAN DAN MINUM

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Makanan dan minuman merupakan kebutuhan hidup bagi setiap insan. Bahkan, semua makhluk hidup membutuhkan makan dan minum. Meskipun demikian,  kita sebagai orang Islam makan dan minum tidak semata-mata untuk menjaga ketahanan fisik. Dengan makan dan minum, kita berharap dapat lebih bertahan dalam menjalankan ibadah. Selain itu ,  kita dapat merasakan nikmat Karunia Allah SWT. Yang ada dalam makanan dan minuman itu. Akhirnya ,  kita berharap makanan dan minuman itu dapat membawa diri kita untuk lebih dekat kepada Allah SWT. Dan bersyukur kepada -Nya.
    Adab dan minum adalah sopan santun  ( tata krama ) makan dan minum. Adab makan dan minum disini yang dimaksud adalah tata cara ( kaifiyah ) bagaimana seseorang melakukan makan dan minum sesuai dengan ketentuan syariat Islam,  yaitu sesuai dengan petunjuk Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW.
    * Makanan dan minuman yang kita nikmati itu benar - benar halal dan baik. Perhatikan Firman Allah SWT  : ( Artinya  )  :  "  Hai orang-orang yang beriman! Makanlah diantara rezeki yang baik - baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah jika benar - benar hanya kepada-Nya kamu menyembah."  ( QS :  Al Baqarah  : 172 ) .
    *  Makan dan minum tetapi tidak boleh  berlebih-lebihan.
Perhatikan Firman Allah SWT  :  ( Artinya  )  : " Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sesungguhnya, Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan "  ( QS : Al A'raf  : 31 ) .
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas. Semoga bermanfaat
. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
*  Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh : Saminu, S. Ag ,  M. SI   *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com  *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA