KISAH TELADAN USMAN BIN AFFAN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah, tiada sekutu bagi-Nya , hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Usman bin Affan adalah seorang yang Zuhud ,  tawaduk , banyak mengingat Allah, dan memiliki akhlak yang terpuji. Semua perbuatan dan perilakunya layak diteladani oleh umat Islam. Ketika perang Tabuk, kaum muslimin mengalami paceklik. Mereka kesulitan untuk mengumpulkan biaya bagi perang tersebut. Saat itulah Usman bin Affan memberi bantuan yang sangat besar berupa kendaraan dan perbekalan tentara. Ia juga membeli telaga milik orang Yahudi. Dengan demikian ,  kaum muslimin dapat memiliki sumber air yang cukup.
   Pada masa pemerintahan Abu Bakar as Siddiq, kaum muslimin  mengalami kemarau yang sangat panjang. Banyak rakyat yang mengadukan nasib dan kesulitan mereka kepada Khalifah. Seandainya rakyat tidak segera dibantu, banyak nyawa yang akan melayang. Pada saat itu , Usman bin Affan menyumbangkan bahan makanan sebanyak 1000 ekor Unta.
   Usman bin Affan juga seorang ahli ibadah yang sangat khusu'. Ketika para pemberontak memasuki rumahnya, ia  tengah membaca Al-Qur'an. Usman bin Affan membaca surah Al-Baqarah ayat 137 yang artinya   :  " ... Maka Allah mencukupkan engkau  ( Muhammad ) terhadap mereka  ( dengan pertolongan - Nya  ). Dan Dia Maha mendengar ,  Maha Mengetahui  " . Ketika para pemberontak menebaskan pedangnya, ia  tidak beranjak sedikitpun dari tempatnya. Usman bin Affan akhirnya rebah dengan darah berlumuran dan Al-Qur'an masih terpegang dalam tangannya. Masya Allah ! Allahu Akbar !
     Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              ***
* Bahan-bahan  ( materi )  diambil dan dikutip dari buku  : BINGKAI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM. Oleh  :  Sugeng Sugiharto. *
              ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
              ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
              ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA