KEDUDUKAN MANUSIA DAN MALAIKAT

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segalac puja dan puji milik Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya. Hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW , tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW  )  beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Manusia diciptakan oleh Allah berasal dari turab atau tanah liat sehingga lahirnya dapat diamati dengan indra manusia,  sedangkan Malaikat tercipta dari unsur Nur atau cahaya yang sifatnya gaib sehingga tidak dapat dilihat atau dirasakan dengan pancaindra manusia. Jin,  iblis dan syetan termasuk makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah dari api sebagaimana Sabda Rasulullah berikut ini : (  Artinya  )  :  " Malaikat itu diciptakan dari cahaya ,  jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan  dari apa yang telah diterangkan kepadamu semua. " ( HR  : Muslim  ) .
   Diantara makhluk - makhluk Allah, seperti manusia ,  malaikat, jin, iblis , dan syetan, yang paling mulia adalah manusia. Perhatikan Firman Allah SWT  :  ( Artinya  )  : "   Dan sesungguhnya telah Aku muliakan anak - anak Adam. Kami angkat mereka didaratan dan dilautan. Kami beri mereka rezeki dari yang baik - baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan. "  ( QS : Al Isra'  :  70 ) .
    Kelebihan manusia dari makhluk lain ialah manusia dikaruniai akal dan nafsu sehingga dapat menjadi motivasi dan semangat dalam menghambakan diri kepada Allah SWT. Manusia diciptakan Allah dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Tentunya manusia sendiri yang dapat menjaga dan memelihara diri dari yang dapat merendahkan martabatnya sebagaimana Firman Allah SWT  : ( Artinya  )  :  " Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Kemudian Kami kembalikan dia ketempat yang serendah-serendahnya ( neraka  ). "  ( QS  :  At-Tin : 4 - 5 ).
   Kedudukan manusia akan tetap mulia dan baik serta dan tidak akan ditempatkan pada tempat yang serendah-serendahnya apabila manusia beriman dan beramal shaleh. Balasan bagi manusia yang beriman dan beramal shaleh adalah syurga , tempat pahala yang tiada putus - putusnya. Hal inilah yang menjadikan manusia memiliki kedudukan yang lebih mulia daripada Malaikat dan makhluk lainnya. Sebagai kenyataan ,  Allah menghendaki kemuliaan manusia sebagai berikut :
1. Manusia dijadikan Khalifah dimuka bumi sebagaimana Firman Allah SWT berikut : ( Artinya  )  :  "  Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Malaikat : Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang Khalifah dimuka bumi..."  ( QS  : Al - Baqarah : 30 ) .
2.   Allah memerintahkan kepada Malaikat untuk sujud  ( hormat  )  kepada Adam as :
*  Firman - Nya  : ( Artinya )  :  "  Dan ( ingatlah)  ketika Kami berfirman ke para Malaikat : "  Sujudlah kamu kepada Adam, " maka sujudlah mereka, kecuali iblis ,  yang enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang - orang yang kafir. "  ( QS  : Al Baqarah  : 34 ).
3.   Malaikat tidak dapat menjawab pertanyaan tentang nama - nama ilmu pengetahuan, sedangkan Adam dapat menjawabnya karena diberi ilmu dan diajarkan kepadanya.
4.   Kepatuhan Malaikat kepada Allah karena sudah tabiatnya dan Malaikat tidak memiliki hawa nafsu , sedangkan manusia Kepatuhannya kepada Allah melalui perjuangan yang berat karena harus melawan hawa nafsu dan godaan syetan yang terkutuk.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, berjudul sesuai tersebut diatas. Semoga bermanfaat dan dapat menjadikan sebagai tambahan ilmu dan mendapat tempat di hati sidang pembaca. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh : Drs Ahmad Syafi'i Mufid, M.A. dkk *.
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com. *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            *** 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA