JUAL BELI YANG SYAH HUKUMNYA, TETAPI DILARANG DALAM AGAMA.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Ada beberapa jual beli yang syah, tetapi dilarang didalam Islam. Penyebab larangan jual beli itu ialah karena dapat menimbulkan kekecewaan orang lain, mempersempit gerak pasaran , atau merusak ketentraman umum. Dengan kata lain, jual beli tersebut berdampak negatif bagi salah satu pihak atau masyarakat pada umumnya. Contoh jual beli yang syah, tetapi dilarang didalam agama, antara lain sebagai berikut :
1. Jual dengan harga lebih mahal daripada harga pasaran. Pembeli mau membeli barang dengan maksud agar orang lain tidak dapat membelinya.
2. Membeli barang yang sudah dibeli orang lain, maksudnya barang itu masih dalam masa khiar ( masih dalam pertimbangan ya atau tidak ). Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya ) : " Janganlah membeli salah seorang diantara kamu akan sesuatu yang sudah dibeli orang lain " . ( HR : Muslim dari Ibnu Umar ).
3. Menghambat penjual agar tidak sampai dipasar sehingga penjual tidak tahu harga pasaran yang sebenarnya . Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah Hadist sebagai berikut : ( Artinya ) : " Janganlah kamu menghambat orang - orang yang mau kepasar ". ( HR : An- Nasa'i dari Abu Hurairah ).
4. Jual beli dengan menimbun barang. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah Hadist sebagai berikut : ( Artinya ) : " Tidak akan menimbun harta, kecuali orang yang durhaka " ( HR : An Nasa'i dari Abu Hurairah )
5. Jual beli barang untuk maksiat . Allah SWT berfirman : ( Artinya ) : " Dan tolong menolonglah kamu dalam ( mengerjakan ) kebajikan dan taqwa dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan..." ( QS : Al-Maidah : 2 ) .
6. Jual beli dengan cara mengecoh, misalnya bagian atas atau permukaan tampak bagus sedangkan yang bawah atau dalam buruk .
Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, judul
sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : FIQIH Mts. Semester Ganjil. *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA