BINATANG YANG DIHARAMKAN ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji  milik Allah, tiada sekutu bagi-Nya, dan hanya kepadav Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.
   Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Binatang yang diharamkan itu disebabkan empat hal, yaitu karena Nas Al-Qur'an atau Al-Hadist, karena diperintah supaya membunuh, karena dilarang membunuh, dan karena keadaannya menjijikkan.
*  Haram Karena Nas Al-Qur'an atau Al-Hadist :
1.   Babi
2    Khimar jinak ( keledai  )
3.   Binatang buas atau binatang bertaring
4.   Burung yang berkuku tajam dan berparuh kuat
5.   Binatang jalalah ( binatang yang sebagian besar makanannya kotoran ).
   Babi diharamkan berdasarkan Firman Allah SWT dalam surah Al-Maidah ayat 3 ( tiga  ). Perhatikan Firman Allah SWT  : ( Artinya )  :  "  Diharamkan bagimu  ( memakan  ) bangkai, darah, daging, babi..."  ( QS  : Al - Maidah  : 3 ) .
*  Haram Karena  Diperintah Membunuhnya :
1. Ular
2. Burung gagak
3. Burung Elang
4. Tikus
5. Srigala
  * Rasulullah SAW bersabda  :  ( Artinya  )   :  "  Lima macam binatang yang semua merusak dan hendaklah dibunuh, baik ditanah halal maupun ditanah haram, yaitu ular, burung gagak, tikus, anjing gila , dan burung Elang. "  ( HR  :  Muslim nomer 2069 ) .
*  Haram Karena Dilarang Membunuhnya  :
Ada beberapa binatang yang haram karena kita dilarang membunuhnya, yaitu semut , lebah madu ,  burung Hud-hud, dan burung Suradi. Hal ini dijelaskan dalam Hadist yang diriwayatkan
oleh Ahmad. Perhatikan Hadist Nabi SAW berikut ini  : ( Artinya  )  :  "  Dari Ibnu Abas, Nabi SAW telah melarang membunuh empat macam binatang, yaitu semut, lebah,  burung Hud-hud,  dan burung Suradi. "  ( HR  : Ahmad  : 2907 ) .
* Haram Karena  Keadaannya Menjijikkan  :
Binatang yang diharamkan karena keadaannya menjijikkan, seperti belatung, pacet,  dan lintah. Perhatikan Firman Allah SWT  :  ( Artinya  )  : " ... dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan yang buruk bagi mereka...  " ( QS  : Al A'raf  : 157 ). (Bersambung).
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri dulu  tulisan religius ini , judul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              ***
* Bahan-bahan  ( materi  ) diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh : Saminu, S. Ag , M.SI  *
              ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com *
              ***
*  Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
              ***

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA