BINATANG YANG DIHARAMKAN ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama mari kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena sesungguhnya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas pada hakikatnya semata-mata adalah karena izin, karena perkenan, karena kehendak Allah SWT. Sebagai insan beriman ,saya yakin  haqul yakin tanpa izin , tanpa perkenan , tanpa kehendak-Nya saya tidak akan pernah bisa menulis seperti ini. Oleh karena itu ,  tidak berkelebihan kiranya kalau sekali lagi saya menghimbau  ( mengajak  ) antum  ( sidang pembaca  ) mari kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi, Tuhan Seru Sekalian Alam. Dia pencipta langit dan bumi, Dia penguasa tunggal di Hari Pembalasan Nanti, Dia itu Maha Dzat yaitu Allah SWT.
    Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat , Nabi termulia , Rasul paling Agung yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini ,  artikel religius berjudul sesuai tersebut diatas akan saya lanjutkan penulisannya sebagai berikut  :
*  Daging yang dipotong dari binatang yang masih hidup  :
Sudah menjadi kebiasaan dizaman Jahiliyah, orang - orang Arab memotong punuk unta atau sapi yang masih hidup untuk dimakan. Potongan daging binatang yang diperoleh dengan cara yang demikian itu ,  haram hukumnya.
* Perhatikan Hadist Nabi SAW berikut ini  :  ( Artinya  )  :  "  Daging yang dipotong dari binatang yang masih hidup, maka itu adalah bangkai ."  ( HR  :  Ahmad  : 20897 ) .
*  Bahan yang  berpotensi memabukkan, seperti ganja, opium,  kecubung, dan marijuana.
   MINUMAN YANG HARAM   :
Allah SWT menciptakan air untuk keperluan makhluk hidup, terutama manusia. Air diminum untuk kelangsungan hidup dan kesehatan manusia. Pada prinsipnya ,  semua air itu halal diminum, kecuali air bercampur dengan barang yang haram. Ada beberapa macam air atau jenis minuman yang haram untuk dikonsumsi, sebagai berikut:
1.   Minuman yang memabukkan, baik sedikit maupun banyak.
*  Rasulullah SAW bersabda  : ( Artinya )  :  "  Tiap-tiap yang memabukkan itu khamar dan setiap khamar itu haram. "  ( HR  : Muslim  : 3735 ) .
2.  Air yang terkena najis , air yang terkena kotoran kucing ,  dijiat anjing , atau kena kotoran ayam.
3.   Air najis , misalnya air kencing binatang atau manusia,  nanah, dan darah.
4.   Air yang mengandung
racun ,  misalnya air yang dicampuri obat serangga.
*  Rasulullah SAW bersabda  : ( Artinya  )  :  "  Siapa yang mencicipi racun, kemudian ia tewas maka kelak tangannya memegang racun sambil meneguknya di Neraka Jahannam  disana ia kekal selama-lamanya..."   ( HR  :  Bukhari  : 5333 ) .
5.  Air susu dari binatang yang haram.
  *  Mudharat Makanan Dan Minuman Yang Haram  :
Makanan dan minuman yang diharamkan banyak Mudharat bagi orang yang mengkonsumsinya. Makanan dan minuman yang diharamkan antara lain  :
1.   Merusak organ tubuh dan kesehatan badan
2.   Merusak jiwa,  mental, dan budi pekerti.
3.   Menimbulkan kerusakan
4.   Menyesatkan diri sendiri
5.   Mempengaruhi pola pikir karena akan cenderung berpikir pada pola yang haram.
6.   Berdosa dan menyebabkan terkena Azab Neraka.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul baru tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Oleh : Saminu, S. Ag , M.SI  *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website :Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
             ***
       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA