PUASA BICARA.

Assalamualaikum wr wb.
Bismillahirrahmanirrahiim Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Seseorang disebut sebagai muslim jika ia telah memberikan kesaksian bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad SAW itu utusan Allah ,  mendirikan shalat ,  berzakat,  berpuasa , dan menunaikan ibadah Haji bagi yang mampu . Kelima hal ini biasa disebut Rukun Islam Yang Lima . Salah satu dari rukun islam tersebut, yang merupakan kegiatan yang sudah dikenal sejak zaman sebelum Islam, adalah Puasa. Nabi Daud berpuasa selama  7 hari waktu putranya sakit. Orang Yahudi mengenal Puasa  Besar waktu Hari Penebusan Dosa,  dan  Peringatan Terlepasnya mereka dari siksaan Fir'aun di Mesir dengan Hari yang mereka mamakan Yom Kippur yang jatuh pada tanggal 10 Tishri ( Kira-kira akhir September awal Oktober  ). Nabi Musa , ketika akan menerima 10 Perintah  Tuhan  ( Ten Commendements ), melakukan Puasa selama 40 hari 40 malam. Masyarakat jawa mengenal Puasa Mutih,  Puasa Wisol. Hal ini menunjukkan bahwa Puasa sudah ada sejak zaman dahulu dan terjadi diberbagai masyarakat. Sementara Puasa dalam Islam adalah  : Secara garis besar Puasa didalam Islam terbagi menjadi dua , yaitu Puasa Wajib  ( fardhu  )  dan  Puasa Sunnah ( tathawwu' ).
Yang termasuk Puasa Wajib  adalah  : 1   .  Puasa Ramadhan yaitu puasa yang wajib dikerjakan pada waktu bulan Ramadhan selama satu bulan penuh.
  2   .  Puasa Qodho  yaitu puasa yang wajib ditunaikan karena berbuka dalam bulan Ramadhan, disebabkan udzur seperti safar ,  sakit , haid atau dengan sebab  yang lain.
  3   .  Puasa Kafarat , yaitu Puasa yang wajib dikerjakan untuk menutupi sesuatu keteledoran yang telah di lakukan.
  4   .  Puasa Nazar.
  Adapun Puasa Sunnah  adalah  yang dianjurkan pada hari - hari  yang ditunjuk oleh Rasulullah SAW.  Adapun macam - macam puasa sunnah sebagaimana dituntunkan oleh Nabi SAW sebagai berikut  : Puasa Daud ,  Puasa  enam hari dibulan Syawal , Puasa Arofah , Puasa Asyura , Puasa Sya'ban, Puasa Pertengahan bulan  ( tanggal  13, 14, dan 15 bulan Qomariah kecuali bulan Dzulhijjah  ). Dan  Puasa Senen Kamis.
    Saudaraku , diantara kita tentu ada yang masih belum tahu setentang Puasa Bicara. Gadis Maryam adalah seorang perawan  suci yang mengabdikan dirinya hanya untuk beribadah kepada Allah. Maka ketika ia mengandung tanpa tersentuh laki-laki, ia merasa malu sekali. Ia pun pergi menjauh dari penduduk, menuju tempat yang sepi tidak berpenghuni. Ketika tiba saatnya melahirkan. Maryam duduk bersandar disebatang pohon kurma dan melahirkan Nabi Isa as disitu. Ingin mati saja rasanya Maryam , membayangkan caci maki,  ejekan dan aib yang bakal menimpanya. Namun ,  disaat ia tengah dilanda kebingungan dan mencari - cari alasan yang harus ia siapkan untuk menghadapi masyarakatnya , terdengarlah suara yang memberi jalan keluar : "  Kalau kamu melihat seorang manusia, katakan saja bahwa kamu telah bernazar demi Tuhan Yang Maha Pemurah, untuk puasa bicara. Jadi kamu tidak perlu bicara apapun, kepada siapa pun."  kata  suara itu .
   Maka begitulah,setiap kali bertemu orang. Maryam hanya memberi isyarat dengan tangannya menunjuk kearah Nabi Isa yang masih bayi. Dan dengan izin Allah, Nabi Isa as yang masih orok itu bisa  berbicara dengan lantang, memberi penjelasan mengenai siapa dirinya. Dengan berpuasa bicara , Maryam telah dapat keluar dari kesulitan, karena izin Allah .
    Sidang pembaca , tentunya puasa kita ( puasanya orang Islam  ) bisa juga memberi jalan keluar dari berbagai problem yang kita hadapi , asal saja kita melakukannya sesuai dengan tuntunan-Nya.   
    Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas. Semoga bermanfaat dan menjadikan sebagai tambahan ilmu. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  ISLAM AGAMAKU. Tim Penyusun Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com  *
            ***
*  Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com  *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA