APA ITU PENGERTIAN NIFAK ?

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Nifak mengandung pengertian berucap atau berkata tidak sesuai dengan kenyataan. Dengan kata lain ,  lain dimulut lain pula dihati. Orang yang mempunyai sifat nifak disebut munafik. Orang munafik sangat berbahaya karena mereka merupakan musuh dalam selimut. Mereka selalu membuat keonaran,  bencana , mengadu domba , dan membuat perpecahan diantara manusia. Mereka mengaku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, padahal didalam hatinya ingkar terhadap apa yang telah diucapkannya itu sebagaimana Firman Allah SWT berikut ini  :  ( Artinya  )   :  "  Di antara manusia ada yang mengatakan : "  Kami beriman kepada Allah dan hari Kemudian. " Padahal mereka itu sesungguhnya bukan orang yang beriman. " ( QS : Al Baqarah  : 8 ) .
    Ciri - ciri orang munafik dalam kehidupan sehari - hari seringkali berkata dusta ( bohong  ) , ingkar janji ,  berkhianat , dan sebagainya. Tanda-tanda orang munafik telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW didalam Hadistnya berikut ini . ( Artinya  )  :  "   Dari Abu Hurairah ra dari Nabi SAW bersabda  : "  Tanda-tanda orang munafik ada tiga : Apabila berkata ia berdusta , apabila berjanji ia ingkar ,  dan apabila dipercaya ia berkhianat."( HR  : Bukhari ).
     Islam melarang keras umatnya berlaku nifak. Bukan saja karena alasan siksa diakhirat, melalaikan juga karena sangat merugikan dan merusak dirinya sendiri,  antara lain merusak hubungan keluarga, teman ,  tetangga , masyarakat , bahkan bangsa dan negara. Orang munafik akan menghilangkan kepercayaan orang lain kepada dirinya. Sifat Nifak sangat membahayakan manusia.
   Allah SWT mengancam dengan siksaan yang sangat pedih bagi orang munafik. Mereka akan dimasukkan atau ditempatkan ke  dasar api Neraka sebagaimana Firman Allah SWT berikut  : ( Artinya  )   :  "  Sesungguhnya orang - orang munafik itu ( ditempatkan  ) pada tingkatan yang paling bawah dari Neraka, dan kamu sekali - kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka. " ( QS  : An Nisa  : 145 ) .
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius berjudul sesuai tersebut diatas. Kita nantikan penulisan selanjutnya dengan judul tulisan saya yang lain. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ISLAM AGAMAKU. Tim Penyusun Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta  *.
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

 
          

   
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA