KITAB SUCI AL QUR'AN ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama mari kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena sesungguhnya lah kita saat ini dapat membaca  artikel religius , judul sesuai tersebut diatas pada hakikatnya semata-mata adalah karena izin , karena perkenan , karena kehendak Allah SWT. Saya yakin haqul yakin , tanpa izin , tanpa perkenan , tanpa kehendak-Nya , saya tidak akan pernah bisa menulis artikel seperti ini. Oleh karena itu tidak berkelebihan kiranya kalau sekali lagi , saya menghimbau  ( mengajak  )  antum , sidang pembaca , mari kita mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi, Tuhan Seru Sekalian Alam. Dia pencipta langit dan bumi , Dia penguasa tunggal di Hari Pembalasan Nanti , Dia itu Maha Dzat yaitu Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat , Nabi termulia,  Rasul paling Agung yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Al-Qur'an menurut bahasa ialah 'bacaan' atau 'yang dibaca'. Al-Qur'an merupakan bentuk 'masdar' yang diartikan dengan 'isim maf'ul'  , yaitu makru'un atau yang dibaca. Al-Qur'an menurut istilah adalah Firman Allah yang merupakan mukjizat yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW , dengan perantaraan Malaikat Jibril , ditulis dalam mushaf ( lembaran  ) yang disampaikan kepada kita secara Mutawatir ( oleh orang banyak  ) serta membacanya merupakan ibadah.
   Al-Qur'an merupakan sumber ajaran Islam yang utama dan menjadi Rahmat , Hidayah ,  serta sifat bagi seluruh manusia. Oleh sebab itu , Al-Qur'an menegaskan bahwa ajarannya selalu sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan manusia dalam kehidupan serta cocok dengan fitrah manusia. Selain prinsip tauhid  ( ke Esan Allah ), prinsip ajaran Al-Qur'an  ialah amar ma'ruf nahi mungkar, yaitu perintah menegaskan  kebaikan dan keadilan serta menghasilkan segala sesuatu yang baik dan mengharamkan segala yang   berbahaya, keji dan mungkar.
*  Firman Allah SWT  :  ( Artinya  )  :  " Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab kepadamu dengan membawa kebenaran supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu." ( QS : An Nisa :105 ). ( Bersambung ) .
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya sudahi tulisan religius  ini , Bagian Pertama. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.  Oleh  : Drs Ahmad Syafi'i Mufid , S. Ag  dkk . *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com  *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau  Website  : Www.hsunaryo.blogspot.com. *
             ***

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA