IKHLAS MENDATANGKAN KETENANGAN DAN KETENTRAMAN JIWA

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
  Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Dalam kehidupan modern semakin banyak tuntutan yang perlu dipenuhi oleh masyarakat sehingga kebutuhan hidup semakin meningkat pula. Kebutuhan hidup yang sebelumnya bersifat sekunder berubah menjadi kebutuhan primer. Peningkatan dalam kebutuhan akan mengakibatkan timbulnya persaingan dalam hidup yang telah membawa manusia kepada ketidakpastian dan kegelisahan.
Kegelisahan dan ketidakpastian inilah yang akan memengaruhi struktur sosial dan ekonomi suatu masyarakat.
    Untuk menghindari kegelisahan dan ketidakpastian, orang harus ikhlas . Amal yang ikhlas akan melahirkan ketenangan dan ketentraman serta mendatangkan kebahagiaan. Orang yang ikhlas dalam beramal senantiasa bermuara pada keridhaan Allah sehingga ia tidak terpengaruh pada hasil pekerjaan tersebut. Bagaimana pun hasil perbuatan yang ia lakukan, sucses atau gagal, semua diserahkan kepada Allah. Ia tawakal dan ikhlas menerimanya. Apabila orang melakukan amal perbuatan secara tidak ikhlas, ia senantiasa terpengaruh pada lingkungannya. Hal ini membuat manusia dalam beramal selalu ingin dipuji dan takut dicela.
Kecenderungan ini menempatkan manusia dalam posisi yang tidak stabil, gelisah , dan stres bahkan dapat mengakibatkan frustasi.
   Kegagalan manusia dalam melakukan persaingan hidup menimbulkan perasaan putus asa dan frustrasi, padahal frustrasi itu akan membawa akibat buruk dan dapat menimbulkan penyakit. Demikian juga putus asa merupakan suatu dosa, bahkan dapat mengantarkan manusia kepada kekufuran sebagaimana Firman Allah SWT surat  Yusuf ayat delapan puluh tujuh , seperti  berikut :  ( Artinya )  :  "  Hai anak - anakku,  pergilah kamu ,  maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah. Sesungguhnya tidak berputus asa dari Rahmat Allah, melainkan kaum  yang kafir . "( QS : Yusuf : 87 ). 
    Prof. Dr. Zakiah Daradjat menyatakan bahwa penyakit terbesar yang banyak diderita masyarakat modern adalah stres dan frustrasi. Frustrasi menurut Prof. Dr. Rudy Syarif akan memperburuk tubuh manusia , seperti terkena  eksim pada kulit, radang pada ginjal , penyakit jantung , kanker , dan asma, yang dikenal sebagai psikosomatik. Hal ini semua adalah akibat dari amal yang tidak ikhlas.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini sampai disini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  : Drs Ahmad Syafi'i Mufid, S. Ag *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id  atau Www.hsunaryo.blogspot.com  *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA