CARA MELATIH JIWA AGAR IKHLAS

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Untuk menjadi manusia yang ikhlas ( mukhlis ) memang sulit karena syetan senantiasa mempengaruhi dan menggoda manusia. Apabila syetan gagal menggoda manusia melakukan kejahatan dan kemaksiatan, maka ia mengubah taktik dan strateginya dan dengan jalan membisikkan manusia supaya dalam beramal menjadi riya' dan ujub atau sombong. Apabila manusia telah tergetar hatinya dalam mendengar bisikan syetan ,maka hancurlah amalnya. Oleh karena itu ,  manusia harus berlindung kepada Allah dari bisikan syetan dan menjauhi kemusyrikan karena musyrik merupakan dosa besar.
Perhatikan Firman Allah SWT  :
( Artinya  )  :  "  Dan  ( ingatlah  )  ketika Lukman berkata kepada anaknya, diwaktu ia memberi pelajaran kepadanya  : "  Hai  anakku , janganlah kamu menyekutukan Allah, sesungguhnya menyekutukan  ( Allah ) adalah benar - benar kedzaliman yang besar. "  ( QS   : Lukman   :  13 ) .
    Untuk menghindarkan diri dari godaan syetan, manusia harus berlindung kepada Allah dan meningkatkan amal ibadah secara ikhlas. Untuk memiliki sifat ikhlas manusia harus melatih dan membiasakan dirinya hidup ikhlas dalam mewarisi setiap perbuatan sehari - hari. Adapun cara melatih jiwa agar ikhlas adalah sebagai berikut  :
1.  Meningkatkan iman dan taqwa dengan jalan memperbanyak kegiatan pembinaan mental rohani.
2   Meningkatkan ,  memperbanyak  ,  dan memanfaatkan setiap kesempatan beramal shaleh dalam kehidupan sehari - hari.
3.   Menghindari diri dari pergaulan lingkungan non agamis. Lingkungan sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang sehingga suasana lingkungan yang non agamis hendaknya dihindari.
4.   Mengamati dengan seksama bagaimana indahnya kehidupan orang - orang yang ikhlas dan usahakan untuk senantiasa dekat dan bergaul dengannya.
5.   Introspeksi dan Tobat. Perhatikan kehidupan sendiri dan  nilailah amal yang pernah dilakukan , apakah sudah sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya ? Apakah masih banyak amal yang salah ? Segeralah bertobat dan ingatlah bahwa kehidupan akhirat sangat ditentukan oleh amal shaleh ,  amal yang dilakukan dengan ikhlas sewaktu didunia ?
    Demikian lima point bagaimana cara melatih diri dan jiwa agar menjadi seorang yang ikhlas. Semoga kita dapat melakukannya dan benar-benar menjadi orang yang memiliki hati dan jiwa yang ikhlas. Semoga ! Aamiin ! Aamiin Ya Mujibassailin.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini sampai disini. Semoga bermanfaat dan menjadikan sebagai tambahan ilmu. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  ) diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  : Drs Ahmad Syafi'i Mufid,M.A. dkk *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com *
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id  atau  Www.hsunaryo.blogspot.com *
            ***

       

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA