APA PENGERTIAN NABI DAN RASUL ITU ?

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada -Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Secara bahasa kata Nabi berasal dari kata na-ba  yang artinya ditinggikan ,  atau dari kata  na-ba-a yang artinya berita. Jadi , Nabi adalah seseorang yang ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT dengan memberinya berita  ( wahyu  ) . Adapun menurut istilah , Nabi adalah manusia biasa, laki-kaki yang dipilih oleh Allah SWT untuk  menerima wahyu , tetapi ia tidak diperintah untuk menyampaikannya.
    Sedangkan kata  Rasul berasal dari kata ar-sa-la yang artinya mengutus. Setelah dibentuk menjadi Rasul , berarti orang yang diutus menyampaikan berita.
Adapun Rasul sebagaimana yang dimaksud dalam pembahasan ini adalah seorang laki-laki yang diberi wahyu dan diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan misi ( risalah  ).
    Para Ulama menjelaskan pengertian Nabi dan Rasul sebagai berikut  :  "  Rasul adalah seorang laki-laki merdeka  ( bukan budak  ) yang diberi wahyu oleh Allah berupa syariat, dan ia diperintahkan untuk menyampaikan risalah  ( syariat tersebut  ) kepada semua makhluk. Adapun jika tidak di perintah menyampaikan risalah, maka ia disebut Nabi . 
    Dari penjelasan diatas, dapat dipahami bahwa setiap Rasul itu pasti juga seorang Nabi, tetapi tidak setiap Nabi itu menjadi
Rasul. Nabi dan Rasul sebagai manusia biasa juga hidup seperti kebanyakan manusia,  yaitu makan,  minum , tidur , berjalan - jalan ,  menikah dan berketurunan  ,  punya anak  ,  merasa sakit  , senang  ,  sedih  , kuat , lemah ,  mati dan sifat - sifat manusiawi lainnya.
    Nabi dan Rasul semuanya terdiri atas laki-laki, tidak seorang pun Nabi dan Rasul dari jenis perempuan. Dalam hal ini Allah SWT menegaskan   : ( Artinya  )   :  "  Kami tidak mengutus Rasul - rasul sebelum kamu ( Muhammad ), melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka. " ( QS   : Al - Anbiya  :  7 ) .
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Saya akhiri tulisan religius ini , judul sesuai tersebut diatas. Semoga bermanfaat dan menjadikan sebagai tambahan ilmu. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :
ISLAM AGAMAKU . Tim Penyusun Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Jogjakarta. *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : Www.hajisunaryo.com  *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id atau Www.hsunaryo.blogspot.com  *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA