PERSIAPAN MENUJU ALAM AKHIRAT

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Manusia hidup didunia , pada hakikatnya merupakan kesempatan untuk mempersiapkan dan membekali diri untuk kehidupan yang abadi,  akhirat. Ibarat seorang musafir , manusia diberi kebebasan memilih kendaraan yang akan ditumpangi dan pemimpin yang pantas menjadi panutan.
  Kita misalkan agama - agama yang dibawa para Nabi kendaraan tunggangan. Tunggangan pertama adalah agama yang dibawa Nabi Musa As dengan peraturan - peraturannya yang tertulis di dalam Kitab Taurat. Tunggangan kedua ialah agama yang dibawa Nabi Daud As dengan hukum - hukum dan peraturan - peraturannya yang tertulis di dalam kitab Zabur.
   Tunggangan ketiga ialah agama yang dibawa oleh Nabi Isa As dengan peraturan - peraturan khususnya yang termaktub didalam kitab Injil. Dan , Tunggangan keempat adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ,  Islam dengan hukum - hukum  dan peraturan - peraturannya yang paripurna dan universal,  yang tertuang didalam kitab suci Al-Qur'an. Karena ke universalannya itu,  Islam selalu pas dan cocok untuk semua golongan dan bangsa dijagad raya ini.
    Selain empat Tunggangan diatas,  ada satu Tunggangan lain yang dipimpin oleh syetan. Tunggangan yang satu ini ada sepanjang masa sekaligus merupakan saingan kendaraan yang lain. Tunggangan ini juga selalu berupaya mencari penumpang sebanyak - banyaknya dengan peropagandanya yang memikat dan mempesonakan manusia. Tempat judi,  praktek prostitusi ,  dan beragam kemaksiatan lain merupakan iming-iming yang ditawarkan syetan untuk memalingkan umat manusia dari jalan kebenaran. Dengan kaki tangannya yang tersebar dimana-mana, tidak terlalu sulit rupanya syetan mendapatkan pengikut.
   Bersyukurlah kita umat islam , yang mempunyai pegangan dan tunggangan tersendiri menuju alam  akhirat. Mengucapkan dua kalimat syahadat, shalat lima waktu ,  mengeluarkan zakat ,  menjalankan ibadah puasa , dan menunaikan ibadah haji, bagi yang mampu, merupakan ibadah utama untuk mendapatkan tiket tunggangan menuju alam akhirat tersebut. Selain itu,  harus pula 'menandatangani'  rukun iman yang enam.
   Manakala tunggangan tersebut memasuki alam Barzakh, dua petugas - Munkar dan Nakir  - akan memeriksa setiap penumpang. Seseorang bakal mendapatkan pelayanan yang menyenangkan apabila sanggup menjawab semua pertanyaan Munkar dan Nakir dengan lancar dan benar. Pelayanan yang menyenangkan itu didapatkan sambil menunggu tunggangan yang akan membawanya ke alam akhirat.
    Sesampainya di alam akhirat kelak ,  sekali lagi setiap penumpang akan diperiksa oleh petugas. Petugas tadi akan memberikan surat khusus setelah melontarkan beberapa pertanyaan. Intinya,  surat tadi menunjukkan tempat tinggal selanjutnya bagi seseorang. Syurga lah bagi orang - orang yang mampu menjawab semua pertanyaan dengan lancar dan benar. Dan , neraka yang sarat siksa dan nestapa bagi orang-orang yang tak mampu menjawab pertanyaan - pertanyaan petugas.
   Didalam majelis pengadilan Tuhan , setiap individu harus mampu menjawab empat macam pertanyaan yang menyangkut : Bagaimana kita memanfaatkan umur , dengan cara apa kita memperoleh harta dan kita manfaatkan untuk apa harta tersebut, bagaimanakah kita mengamalkan ilmu,  dan apa yang kita kerjakan dengan jasmani pemberian Allah ini.
  Seorang yang benar - benar shaleh tidak akan kesulitan menjawab pertanyaan - pertanyaan diatas. Dengan lancar , teratur ,  dan benar semua pertanyaan tersebut dijawabnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya akhiri tulisan religius ini , judul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : ALAM KUBUR DAN ALAM BARZAKH. Oleh  : Drs Mohammad Anwar. *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  :hajisunaryo.com  *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA