DELAPAN NAMA - NAMA SYURGA ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.Segala puja dan puji milik Allah , tiada sekutu bagi-Nya  dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini , artikel berjudul sesuai tersebut diatas akan saya lanjutkan penulisannya sebagai berikut  : Ya!  Al Qur'an beberapa kali menyebut nama syurga Adn ini, diantaranya adalah :  ( Artinya  )  :  " Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal shaleh, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang - orang yang mengerjakan amalan ( nya ) dengan yang baik. Mereka itulah  ( orang - orang yang ) bagi mereka syurga Adn, mengalir sungai - sungai di bawahnya,  dalam Syurga itu mereka dihiasi dengan gelang emas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal sedang mereka duduk sambil bersandar diatas dipan-dipan yang indah. Inilah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah. " ( QS  : Al Kahfi  :  30-31 ) .
  Itulah syurga Adn. Allah mengadakan tempat ini khusus bagi mereka yang beriman dan mau mengerjakan amal shaleh. Di Syurga ini para penghuninya nanti akan dihiasi dengan gelang emas serta memakai pakaian terindah yang terbuat dari kain sutra halus nan tebal. Dalam ayat lain Allah juga menyatakan bahwa syurga ini Dia peruntukkan bagi orang-orang mukmin yang mau mensucikan dirinya dari dosa dan kemaksiatan. Dalam Al Qur'an disebutkan  : ( Artinya  )   : "   ( Yaitu  ) syurga Adn yang mengalir sungai - sungai di bawahnya mereka kekal didalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih ( dari  kekafiran dan kemaksiatan ) ".  ( QS  : Thaha  : 76 ).
   Al-Qur'an juga pernah Mengkisahkan bahwa para malaikat sering berdoa kepada Allah untuk orang - orang mukmin agar kelak mereka dimasukkan kedalam syurga Adn ini. Dalam surat Al Mukmin disebutkan  : ( Artinya  )   : "   Ya , Tuhan kami masukkan lah mereka kedalam Syurga Adn yang telah Engkau janjikan kepada   orang - orang yang shaleh diantara bapak - bapak mereka dan istri - istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sesungguhnya Engkau lah Yang Maha  Perkasa lagi Maha Bijaksana. " ( QS : Al Mukmin   : 8 ) .
3.   Syurga NA'im .
Allah beberapa kali menyebut nama  syurga Na'im itu dalam beberapa ayat Al Qur'an, diantaranya adalah  : ( Artinya  )   : "  Sesungguhnya orang - orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh,  maka baginya syurga Na'im. "  ( QS  : Luqman  : 8 ) .
   Dalam ayat lain  : ( Artinya  )   :  "  Sesungguhnya bagi orang-orang yang bertaqwa  ( disediakan  ) bagi mereka syurga Na'im. " ( QS  : Al Qalam : 34 ).
    Dua ayat di atas menunjukkan bahwa Allah secara tegas menyatakan bahwa syurga Na'im diperuntukkan bagi orang-orang yang beriman ,  bertaqwa dan yang  mau beramal shaleh. Sesuai dengan sebutan namanya , kata Na'im berarti kenikmatan. Dengan demikian dalam Syurga itu secara khusus Allah menyediakan beberapa kenikmatan yang tidak pernah dirasakan oleh manusia sebelumnya.
4.  Syurga Ma'wa.
Sebutan nama Ma'wa oleh Allah dinyatakan dalam beberapa ayat ,  yakni  :  ( Artinya  )  :  "  Adapun orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh, maka akan memperoleh syurga - syurga tempat kediaman sebagai pahala terhadap apa yang telah mereka kerjakan."  ( QS  : As-Sajdah : 19 ) .
Dalam ayat lain juga ditegaskan  : ( Artinya  )   :  " Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhan - Nya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya  ,  maka sesungguhnya Syurga lah tempat tinggalnya. "  ( QS  : An Nazi'at : 40-41 ) .
    Syurga Ma'wa,  sebagaimana syurga - syurga lainnya, ia adalah merupakan tempat yang disediakan oleh Allah bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh ,  juga untuk mereka - mereka yang senantiasa mengekang hawa nafsunya. ( Bersambung  ).
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Ketiga pada penerbitan
mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
           ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA SYURGA PEDIHNYA NERAKA, Oleh : Asrifin An Nakhrawie , S. Ag . *
           ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : Www.hajisunaryo.com  *
           ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id  *
           ***

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA