DELAPAN NAMA - NAMA NERAKA ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sebagaimana syurga yang dijadikan oleh Allah sebagai tempat indah penuh kenikmatan dengan tingkatan dan nama-nama tertentu, maka demikian halnya dengan neraka. Neraka sesungguhnya juga punya tingkatan , dari mulai yang paling bawah hingga yang paling atas punya sebutan nama. Berdasarkan pada beberapa informasi yang ada dalam Al Qur'an,  nama - nama neraka adalah sebagai berikut  :
1.   Neraka Jahannam .
Diantara sekian nama - nama neraka yang telah disebutkan Al-Qur'an, nama neraka Jahannam adalah yang paling banyak disebut, dan diantaranya adalah sebagai berikut  : ( Artinya  )   :  "  Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk  ( isi neraka Jahannam  ) kebanyakan dari Jin dan manusia, mereka mempunyai hati , tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami  ( Ayat-ayat Allah  ) dan mereka mempunyai mata ,  ( tetapi ) tidak dipergunakannya untuk melihat  ( tanda-tanda kekuasaan Allah  ),  dan mereka mempunyai telinga  ( tetapi  )  tidak dipergunakannya untuk mendengar ( Ayat-ayat Allah  ). Mereka itu , sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. " (  QS  : Al - A'raf  : 179 ) .
  Dalam ayat yang lain juga disebutkan  :  ( Artinya  )   : "    Katakanlah ,  bahwa api neraka Jahannam itu lebih panas.  "( QS  : At-Taubah  : 81 ) .
Lagi , dalam ayat 86 surat Maryam juga disebutkan  : ( Artinya  )   : "   Dan Kami akan menghalau orang - orang yang durhaka ke neraka Jahannam dalam keadaan dahaga , " ( QS   : Maryam  : 86 ) .
2.    Neraka Jahim .
Secara terminologi kata 'Jahim'  berarti api yang menyala - nyala. Dan sebutan neraka Jahim ini dinyatakan oleh Allah dalam beberapa ayat. Misalnya ,  ketika Allah memperlakukan orang - orang durjana yang akan dimasukkan ke dalam neraka Allah berfirman kepada Malaikat  : ( Artinya  )   :  "  Peganglah dia lalu belenggu tangannya keleher. Kemudian masukkanlah dia kedalam api yang menyala- nyala ( neraka Jahim  ). "  ( QS  : Al Haqqah  : 30-31 ) .
Dalam ayat lain , ketika Allah memperlakukan ahli syurga Dia berfirman  : ( Artinya  )   :  "  Mereka tidak akan merasa mati didalamnya kecuali mati didunia,  dan Allah memelihara mereka dari api neraka ( Jahim  ).  " ( QS : Ad Dukhan : 56 ) .  ( Bersambung  ) .
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
*  Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku : INDAHNYA SYURGA PEDIHNYA NERAKA. Oleh  : Asrifin An Nakhrawie , S. Ag.  *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website : Www.hsunaryo.blogspot.co.id *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA