DELAPAN NAMA - NAMA NERAKA ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
  Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Pada Bagian Kedua ini ,  artikel berjudul sesuai tersebut diatas akan saya lanjutkan penulisannya sebagai berikut :
3.  Neraka Hawiyah.
Dalam salah satu ayat sebutan Hawiyah diindetikkan dengan api yang sangat panas. Ini artinya dalam Neraka Hawiyah kelak manusia akan dibakar dengan api yang derajatnya melebihi derajat api yang ada didunia, ia punya tingkat kepanasan yang luar biasa dan punya daya bakar yang tidak bisa dibandingkan dengan api dunia. Sebutan nama Hawiyah dinyatakan oleh Allah dalam beberapa ayat berikut :  ( Artinya  )   :  "  Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan  ( kebaikan ) nya, maka tempat kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Tahukah kamu apa neraka Hawiyah itu?  ( Yaitu  )  api yang sangat panas."  ( QS  : Al Qariah  : 8-11 ) .
4.   Neraka Wail .
Allah menyebut nama 'Wail'  dalam beberapa ayat, diantaranya adalah  :  ( Artinya  )   : "  Neraka  ( Wail ) diperuntukkan bagi orang-orang yang mengurangi takaran  ( timbangan  ) ".( QS  :  Al Mutahffifin : 1  ) .
   Dalam ayat lain disebutkan pula  :  ( Artinya  )   : "   Allah lah yang memiliki segala apa yang ada dilangit dan dibumi.  Dan kecelakaan lah bagi orang-orang kafir karena siksaan yang teramat pedih .  " ( QS  : Ibrahim : 2 ) .
   Kata 'Wail' dalam ayat diatas diartikan sebagai 'celaka'. Ini dikarenakan dalam Neraka Wail tidak ada satupun manusia durjana yang selamat dari kobaran api penyiksaannya. Pendek kata dalam Neraka itu penghuni neraka akan celaka! Hal yang sama dinyatakan juga oleh Allah sebagai 'celaka'  sebab dimasukkan ke dalam Neraka Wail ,  yakni bagi orang Islam yang sering melalaikan terhadap kewajiban shalat. Perhatikan surat Al Ma'un ayat 4-5  : ( Artinya  )   :  "  Maka celakalah bagi orang-orang yang shalat,  yang mereka itu lalai dalam shalatnya . "   ( QS  : Al Ma'un : 4-5 ) .  ( Bersambung  ) .
  Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius , judul sesuai tersebut diatas Bagian Kedua. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Ketiga pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
           ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  INDAHNYA SYURGA PEDIHNYA NERAKA. Oleh : Asrifin An Nakhrawie , S. Ag.  *
           ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan : hajisunaryo.com  *
           ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id *
           ***
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA