SADAR AKAN DATANGNYA KEMATIAN BERDAMPAK POSITIF

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Umur merupakan karunia Allah yang sangat berharga dan berarti bagi umat manusia. Allah memberikan umur kepada manusia tidak lain untuk beribadah dan memperbanyak amal shaleh. Sudah seharusnyalah kita memanfaatkan umur  ( hidup 
) ini dengan sebaik-baiknya. 
   Janganlah kemegahah dunia menjadikan kita tak menghargai lagi kesempatan , menunda-nunda ibadah dan amalan-amalan shaleh.
Jika sudah demikian,  kita akan menjadi insan yang miskin,  miskin amalan ,  miskin ibadah,  yang tentu saja akan mengantarkan kita pada kesengsaraan yang kekal diakhirat.
   Sekali kita menunda ibadah dan amalan shaleh, maka akan selalu dan terus terulang. Sebab ,  seseorang yang yang biasa menunda - nunda ibadah menganggap selalu
mempunyai kesempatan untuk mengerjakannya. Padahal,  kematian datangnya tidak bisa diterka. Lalu,  bagaimanakah orang yang selalu menunda-nunda ibadah mati sebelum sempat beribadah ? Untuk itu ,  mengingat kematian sangatlah penting. Karena dengan mengingat kematian, seseorang terdorong untuk segera menjalankan ibadah,  selagi umur masih tersisa.
*  Perhatikan Sabda Rasulullah SAW berikut ini  :  ( Artinya  )   :  "  Rebutlah lima perkara sebelum datang lima perkara,  yaitu  :. Masa mudamu sebelum datang masa tuamu ,  kesehatanmu sebelum datang sakitmu,  kayamu sebelum datang miskinmu,  waktu luangmu sebelum datang kesibukanmu,  dan hidupmu sebelum  datang kematianmu.  " ( HR   : Baihaqi ,  Ibnu Abid Dunya  dan Ibnu Mubarak ) .
     Dalam salah satu nasihatnya  Hasan berkata  : "  Bersegeralah! Bersegeralah melakukan ibadah. Sebab ,  semuanya bergantung pada nafasmu. Manakala nafasmu putus, terputus pula segala amalmu. Jika sudah demikian ,  amalan manalagi yang akan kau pergunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga Allah melimpahkan Rahmat-Nya kepada orang yang mau berintrospeksi dan mau menyesali dosa-dosa yang telah di perbuatnya.
*  Perhatikan pula Sabda Rasulullah SAW ini : ( Artinya  )  :  "  Bekerjalah untuk mencari keduniaanmu ,  seolah - olah engkau akan hidup selama-lamanya,  dan bekerjalah untuk akhiratmu,  seolah - olah engkau akan mati esok pagi . "  ( HR : Ibnu Asakir ) . 
  Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya akhiri tulisan religius ini,  judul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
           ***
*  Bahan-bahan  ( materi )  diambil dan dikutip dari buku  :  ALAM KUBUR DAN ALAM BARZAKH . Oleh  :  Drs Mohammad Anwar.  *
           ***
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
           ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id  *
           ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA