PERTANYAAN KUBUR

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas.
Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW , tiada lagi Nabi sesudahnya. Shalawat dan salam semoga juga terlimpahkan atas keluarga beliau  ( Nabi SAW   ) beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Mayat ,  setelah dikuburkan dan ditinggalkan para pengantarnya ,  segera didatangi dua Malaikat Munkar dan Nakir. Kedua Malaikat tadi bertugas menanyai setiap manusia yang dikuburkan.
    Menurut suatu sumber ,  apabila mayat tersebut mukmin maka shalatnya ada ada didekat kepalanya. Puasa ada disebelah kanannya,  zakat ada disamping kirinya,  dan amal shaleh serta kebajikannya lainnya berada dekat kakinya. Manakala kedua Malaikat, Munkar dan Nakir mendatangi dari arah kepalanya,  shalatnya mengatakan  : " Dari arahku tidak ada tempat untuk memasukinya."   Begitu seterusnya jawaban dari samping kanan ,  kiri , dan kaki nya,  manakala Munkar dan Nakir berusaha memasukinya.
   Lalu,  Munkar dan Nakir memerintahkan mayat duduk. Kepada  mayat ,  Munkar dan Nakir memperlihatkan matahari yang hampir terbenam. Lantas , Munkar dan Nakir bertanya  : " Laki-laki  ini adalah dari golonganmu ( kaum beriman  ). Bagaimana pendapatmu tentang dia ? Bagaimana pula persaksianmu kepadanya ? Mula-mula mayat enggan menjawab dengan dalih hendak mengerjakan shalat. Tetapi setelah Munkar dan Nakir mendesaknya, akhirnya mayat menjawab : " Dia adalah Nabi Muhammad SAW. Aku bersaksi bahwa beliau adalah utusan Allah yang membawa kebenaran dari hadirat - Nya. "  Kata Munkar dan Nakir : " Memang dalam keadaan seperti itulah engkau dihidupkan , demikian pula engkau dimatikan, dan begitu pula engkau kelak akan dibangkitkan dari kubur,  insya Allah .  "
    Selanjutnya ,  Munkar dan Nakir melontarkan beberapa pertanyaan terpenting, yakni masalah Tuhan ,  Nabi ,  Kitab Suci , Kiblat. Orang mukmin yang selama hidupnya taat beribadah, shaleh dan banyak beramal tentu saja dapat menjawab semua pertanyaan tersebut dengan lancar. Sehingga ,  kuburnya dilapangkan. Kuburnya menjadi terang , serta mendapatkan kenikmatan kenikmatan kubur. Sedangkan orang kafir ,  pastilah tidak mampu menjawab pertanyaan - pertanyaan. Munkar dan Nakir itu.
Akibatnya ,  ia mendapatkan hajaran dari kedua Malaikat tersebut hingga hancur tulang belulangnya. Selain itu ,  kubur nya menjadi gelap , pengap,  dan terasa sempit. Tatkala Allah hendak menciptakan Adam, dulu ,  Allah berfirman  : ( Artinya  )  :  "  Sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang Khalifah dimuka bumi. "  ( QS  : 2  :  30 )  .
   Malaikat berkata  : ( Artinya  )  :  Mereka para Malaikat berkata  :  " Mengapa Engkau hendak menjadikan (Khalifah) dibumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah . " ( QS   : 2  : 30 )  .
*  Firman Allah SWT selanjutnya  :  ( Artinya  )   :  " Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.  " ( QS  : 2  :  30 ) .
   Maka ,  setiap kali mematikan anak keturunan Adam, Allah selalu mengutus Munkar dan Nakir untuk menanyai mayat didalam kubur dengan pertanyaan siapa Tuhanmu? Siapa Nabimu? Apa kitab sucimu? Mana Kiblatmu? Apa agamamu ? dan seterusnya... ( Selesai  )
   Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya akhiri tulisan religius ini ,  judul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
           ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : ALAM KUBUR DAN ALAM BARZAKH . Oleh  : Drs Mohammad Anwar.  *
           ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id  *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA