PAHALA SHALAT TARAWIH ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya. 
    Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sebagai rangkaian ibadah dibulan Ramadhan selain menunaikan ibadat puasa disiang hari selama sebulan suntuk, adalah melakukan ibadat shalat Tarawih dimalam harinya sejak dari tanggal 1 Ramadhan sampai dengan akhir bulan Ramadhan.
    Jadi  shalat Tarawih ini adalah shalat malam yang dikerjakan pada bulan Ramadhan. Shalat ini hukumnya adalah sunnah muakad ( sunnah yang istimewa  ),  boleh dikerjakan sendiri - sendiri tapi lebih utama secara berjamaah.
    Adapun waktunya ,adalah dimulai sesudah Isya' sampai waktu fajar. Bilangan rakyatnya yang pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah 8 raka'at. Namun  Sahabat Sayyidina Umar Ibnu Khattab ra mengerjakannya sampai 20 rakaat . Dan amalan Sayyidina Umar Ibnu Khattab ra ini lalu disepakati oleh Ijma'.  Lantas di Indonesia umat ada yang melaksanakannya 8 rakaat , dan ada yang melaksanakannya 20 rakaat. Sidang pembaca , antum berkeyakinan dan mengerjakan shalat Tarawih itu  8 raka'at. Silahkan , kerjakan saja . Itu  syah-syah saja. Dan bagi saudara - saudara kita yang berkeyakinan shalat Tarawih itu 20 rakaat ditambah 3 rakaat Witir. Silahkan ,  monggo !  Wong itu syah-syah saja kok. Yang penting kita mengerjakan shalat Tarawih  dengan jumlah rakaat sesuai yang kita yakini itu dengan ikhlas semata - mata mengharapkan ridha Allah saja. Yang mengerjakan 8 raka'at bagus ,  yang mengerjakan 20 rakaat bagus. Yang tidak bagus adalah orang yang selalu memperdebatkan delapan atau dua  puluh , tetapi dia sendiri tidak pernah ikut shalat Tarawih.
    Sidang pembaca , melaksanakan shalat Tarawih ini ,  selain kita akan memperoleh pahala yang besar dari Allah,  shalat Tarawih juga mempunyai keistimewaan yang agung sebagai penghapus dosa.
Didalam Hadist Nabi SAW sebagaimana warta Abu Hurairah ra mengatakan ,  bahwasanya Rasulullah SAW bersabda  : ( Artinya  )   :  "  Siapa yang bangun dibulan Ramadhan  ( shalat Tarawih  ) dengan iman dan mengharap pahala Allah ,  maka baginya diampuni dosanya yang telah berlalu . "  ( HR  : Bukhari dan Muslim  ) .
   Adapun pahala melakukan shalat Tarawih sejak tanggal 1 Ramadhan hingga tanggal  30 Ramadhan itu ,  adalah sebagaimana warta sahabat Ali bin Abu Thalib ra, bahwasanya Nabi SAW pernah ditanya tentang hal  itu, lalu beliau bersabda :  "  Orang mukmin yang melakukan shalat Tarawih dibulan Ramadhan pada malam : ( Bersambung  ) .
    Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan ( materi )  diambil dan dikutip dari buku  :  LAUTAN PAHALA .  Oleh   : M. Ali chasan Umar . *
            ***
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
            ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id  *
            ***
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA