PAHALA SHALAT TAHAJUD ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang budiman. Shalat Tahajud,  yaitu shalat sunnat yang sangat dianjurkan sekali untuk mengerjakannya. Adapun waktu mengerjakannya adalah dimalam hari ( sesudah shalat Isya sampai terbit fajar  ).  Adapun bilangan  raka'atnya, tidak ada ketentuan yang positif dan mutlak. Akan tetapi sekurang-kurangnya adalah dua raka'at adapun sebanyak - banyaknya tidak terbatas.
Didalam Hadist Nabi SAW ada disebutkan  : ( Artinya  )   : " Adalah Rasulullah SAW apabila bangun malam untuk shalat, beliau memulainya dengan dua rakaat yang ringan. "  ( HR  : Muslim  ) .
   Dan Hadist Nabi pula  :  ( Artinya  )  :  "  Warta dari Abu Hurairah ra bahwa Nabi SAW bersabda : Apabila salah seorang dari kamu bangun malam,  maka hendaklah memulai shalatnya dengan dua rakaat yang ringan. " ( HR  : Muslim  ) .
   Kemudian apabila shalat Tahajud itu akan dikerjakan dengan bilangan rakaat yang  sebanyak - banyaknya dasarnya adalah sebagaimana Firman Allah SWT  : ( Artinya  )   : "   Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada - Nya dan bertasbillah kepada - Nya pada bagian yang panjang dimalam hari. "  ( QS  : Al Insan  :  26 ) .
    Adapun dasar disyari'atkannya melakukan shalat Tahajud ini adalah sebagaimana Firman Allah SWT  : ( Artinya  )   : "   Dan pada sebagian malam hari bersembahyang Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji. "  (  QS  :  Al Isra' : 79 ) .
     Kemudian didalam ayat yang lain Allah SWT berfirman  : ( Artinya  )   : "  Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap. Dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.  "   ( QS  :  As-Sajdah  :  16 ) .  ( Bersambung  ) .
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini, judul sesuai tersebut diatas Bagian Pertama. Kita nantikan penulisan selanjutnya Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan judul tulisan yang sama Bagian Kedua. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : LAUTAN PAHALA . Oleh  : M. Ali Chasan Umar  *
              ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com . *
              ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id  *
              ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA