PAHALA SHALAT DUHA ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji syukur kepunyaan Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang berbahagia. Dibagian Kedua ini , saya akan melanjutkan penulisan artikel religius, judul sesuai tersebut diatas sebagai berikut   : Mengingat bahwa melakukan shalat Duha itu hukumnya sunnat, dan setiap melakukan yang sunnat tentu membawa pahala ,  maka siapa yang menginginkan keutamaan dan pahala nya sudah barang tentu agar membiasakan untuk melakukannya.
Sebab shalat Duha ini mempunyai fadhilah ataupun pahala yang besar sekali. Ia juga sebagai sarana untuk memohon keluasan rezeki dan keberkahan rezeki kepada Allah. Maka seyogyanya , bagi para petani hendaklah meluangkan sekedar waktunya untuk menunaikannya  ( shalat  Duha  )  sebelum berangkat keladangnya. Kepada para pedagang , hendaklah dapat meluangkan waktunya untuk melakukan shalat Duha , sebelum berangkat ke pasar , ke toko ataupun ke kiosnya. Kemudian bagi para karyawan ( PNS  ) juga penting sekali untuk dapat meluangkan waktunya untuk menunaikannya ( shalat Duha  ),  sebelum berangkat ke kantornya. Dan seterusnya , dan seterusnya, walaupun tidak setiap hari melakukannya.
    Sebab fadhilah atau pahala shalat Duha ini selain dapat mendatangkan rezeki ,  menolak kefakiran ,  menghapus dosa dan sebagai ganti membaca Tasbih ,  tahmid ,  tahlil , takbir dan amar ma'ruf nahi mungkar,  Allah akan membangunkan sebuah gedung di Syurga. Kecuali itu ,  kelak di hari Kiamat orang - orang yang membiasakan shalat Duha ini akan memperoleh setuan malaikat dari arah pintu Duha , dan dipersilahkan untuk masuk ke dalam Syurga dengan Rahmat Allah.
   Ringkasnya , bahwa pahala melakukan shalat Duha ini antara lain adalah sebagai berikut :
1.   Sebagai pengganti pahala membaca : tasbih ,  tahmid ,  tahlil ,  takbir dan amar ma'ruf nahi mungkar. Demikianlah sebagaimana disebutkan dalam Hadist  :  ( Artinya  )   : Rasulullah SAW telah bersabda  :  " Atas tiap - tiap pagi bersedekah untuk persendian )  ruas tulang ) badannya. Maka tiap - tiap bacaan tasbih itu sodaqoh ,  setiap membaca Alhamdulillah ( tahmid  )  itu sodaqoh , setiap tahlil  ( membaca Laa ilaaha illalllah  ) itu sodaqoh ,  amar ma'ruf nahi mungkar  ( menyuruh kebaikan dan melarang kejahatan )  itu sodaqoh ,  dan sebagai pengganti dari itu semua cukuplah mengerjakan shalat Duha dua raka'at. " ( HR : Ahmad  , Muslim ,  dan Abu Daud  ) . ( Bersambung  )
    Saudaraku ,  sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini , Bagian Kedua . Kita nantikan Bagian Ketiga pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : LAUTAN PAHALA . Oleh : M. Ali Chasan Umar . *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com *
            ***
*Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id . *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA