HUSNUL KHATIMAH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita , junjungan umat , Nabi termulia , Rasul paling Agung yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Tentunya kita tidak menginginkan mati konyol , melainkan mengharapkan mati dalam keadaan Husnul Khatimah.
Tetapi kebiasaan seseorang selama hidupnya akan terbawa sampai menjelang ajalnya. Kata - kata yang biasa diucapkan, pada umumnya akan melepas kepergiannya kealam Barzakh. Jika seseorang biasa mengucapkan kata-kata kotor, menjelang matinya pun akan melontarkan kata-kata kotor. Bila terbiasa istighfar,  menjelang ajalnya pun akan mengucapkan istighfar,  ingat dan berserah diri kepada Allah.
   Meski begitu , ada kalanya seseorang yang selama hidup gemar beribadah dan beramal shaleh namun meninggal tidak dalam keadaan Husnul Khatimah. Sebaliknya ,  bisa terjadi seseorang yang  hidupnya berlumuran dosa tetapi meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah.
   Pada yang pertama, bisa jadi ia dalam beribadah dan beramal shaleh tidak ikhlas atau riya'. Ibadahnya hanya untuk mendapatkan pujian orang lain,  atau beribadah karena orang lain ,  bukan atas kesadarannya yang hanya mengharapkan ridha Allah. Pada yang kedua , besar kemungkinan pada akhir hayatnya ia bertaubat,  menyesali semua  dosanya,  dan memohon ampunan Allah dengan sungguh - sungguh. Sehingga Allah  mengampuninya.
*  Rasulullah SAW bersabda  :  ( Artinya  )  :  "  Sesungguhnya ada orang yang melakukan pekerjaan ahli Neraka padahal sebenarnya bakal menjadi ahli Syurga. Ada juga orang yang mengerjakan perbuatan ahli Syurga padahal sebenarnya bakal menjadi ahli Neraka. Sesungguhnya amal seseorang dinilai pada saat akhir hayatnya.  "  ( Al-Hadist  ).
*   Allah SWT berfirman  : ( Artinya  )  : "   Jadilah kalian umat yang menyerukan kebaikan dan kebajikan,  serta mencegah kemungkaran. Sebab ,  itulah orang - orang yang memperoleh kemenangan.  "
    Namun begitu , karena kita dibekali oleh Allah akal pikiran, maka kita wajib memilih mana jalan yang benar ,  kebiasaan yang baik untuk bekal di akhirat dan untuk ancang-ancang manakala kita dipanggil menghadapi Yang Kuasa. Tidak terlalu sulit kiranya menyebut nama Allah jika sudah terbiasa menyebut nama-Nya. Salah satu jalan ialah dengan menjalankan shalat lima waktu. Didalam shalat kita selalu melafalkan takbir dan dua Kalimat Syahadat,  serta pujian lain kepada Allah SWT. Semua itu akan memudahkan pelakunya menyebut nama Allah menjelang ajalnya kelak.
  Selain manfaat diatas, rajin mengerjakan shalat memungkinkan seseorang mudah menjawab pertanyaan Malaikat Munkar-Nakir didalam kubur. Pertanyaan Munkar - Nakir tentang Tuhan ,  Nabi,  Agama , Kiblat ,  Kitab ,  dan  saudara ,  dengan mudah akan dijawab oleh ahli kubur. Tak lain karena ia orang beriman dan rajin mengerjakan shalat,  baik fardhu maupun sunnat. Bagi orang orang yang tak pernah mengerjakan shalat, jangan Harap dapat menjawab pertanyaan - pertanyaan Malaikat Munkar - Nakir. Maksud hati mengucapkan Allah Tuhanku,  namun mulut seolah terkonci rapat. Hendak mengatakan Muhammad Nabiku,  apa boleh buat,  bibir hanya bisa gemetaran. Semua lantaran ia tak pernah mengerjakan shalat. Mendapatkan pertanyaan selanjutnya dari Munkar - Nakir  ia hanya terbengong-bengong tak bisa berkata - kata . ( Selesai  ).
   Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya akhiri tulisan religius ini , judul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : ALAM KUBUR DAN ALAM BARZAKH . Oleh  : Drs.  Mohammad Anwar . *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
             ***
* Artikel religius ini juga dapat anda temukan pada Website  : Www.hsunaryo.blogspot.co.id  *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA