YAUMUL JAZA ( HARI PEMBALASAN )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat serta Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita, junjungan umat, Nabi termulia , Rasul paling Agung yaitu Baginda Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku,  sidang pembaca yang budiman. Setelah amal manusia dihitung dan ditimbang ,  maka diberi balasan. Itulah sebabnya  Hari Kiamat disebut juga Hari Pembalasan atau Yaumul Jaza. Balasan yang di berikan Allah kepada manusia ada dua , yaitu Syurga dan Neraka .
    Siapakah yang mendapat balasan berupa Syurga ?  Didalam Al-Qur'an banyak dijelaskan tentang syurga adalah balasan bagi orang - orang yang bertaqwa kepada Allah. Antara lain disebutkan didalam surat Ath Thur  ayat 17 sebagai berikut  :  ( Artinya  )   :  "  Sesungguhnya orang - orang yang bertaqwa berada dalam Syurga dan kenikmatan. "  ( QS  : Ath-Thur : 17 ) . Syurga mempunyai bermacam-macam nama,  seperti  : Adn , firdaus ,  Mirats ,  A'mal , Naim , dan  sebagainya. Masing-masing syurga memiliki keistimewaan tersendiri. Didalam syurga yang mana orang yang bertaqwa itu akan tinggal,  tergantung dari ketaqwaan mereka masing-masing.
   Adapun Neraka adalah balasan bagi orang - orang yang musyrik dan orang - orang yang durhaka serta senantiasa melakukan perbuatan yang dilarang Allah. Sebagaimana syurga ,  Neraka pun memiliki beberapa nama, seperti : Jahannam , Hawiyah,  Wail, Sa'ir ,  Huthamah  ,  saqar ,  dan sebagainya. Walaupun Neraka itu bermacam-macam nama dan tingkatan, namun semua Neraka itu adalah tempat penyiksaan yang amat pedih. Sebagaimana diterangkan dalam surat An Nisa  ayat 56 sebagai berikut  : ( Artinya  )  :  "  Sesungguhnya orang-orang yang kafir kepada Ayat-ayat Kami, kelak akan Kami masukkan mereka kedalam Neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, Kami ganti kulit mereka dengan kulit yang lain, supaya mereka merasakan azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana . " ( QS  :  An Nisa  : 56 ) .
   Sekarang kita sudah mengetahui dan lebih meyakini akan adanya balasan Allah dialam akhirat. Oleh sebab itu , selagi kita hidup di dunia hendaknya kita memperbanyak bekal berupa amal ibadah. Sebab jika kita sudah berada dialam akhirat , pintu untuk beramal dan pintu untuk bertobat sudah tertutup.
   Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi tulisan ini. Semoga bermanfaat dan menjadikan sebagai tambahan ilmu. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  AQIDAH AKHLAK . Oleh  : Drs Masan Alfat dan Drs Abdul Rosyid .  *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA