T A Q W A ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama -  tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Kata 'taqwa'  menurut bahasa artinya 'takut' . Sedangkan menurut istilah agama , taqwa adalah takut kepada Allah dengan cara mengerjakan perintah - Nya dan meninggalkan larangan - Nya.
   Takut kepada Allah tidak sama dengan takut kepada sesama manusia atau takut kepada binatang. Orang yang takut kepada binatang buas, biasanya selalu berusaha untuk menjauhi binatang tersebut. Sedangkan takut kepada Allah malahan sebaliknya ,  yaitu berusaha untuk berada sedekat mungkin dengan Allah. Orang yang bertaqwa selalu berusaha untuk mengerjakan segala perintah Allah , seperti Shalat lima waktu, puasa, zakat ,  berbuat baik kepada orang tua ,  kepada tetangga , kepada sesama teman ,  dan sebagainya. Sebaliknya, ia senantiasa berusaha untuk menghindari larangan Allah , seperti  : Kufur, ingkar janji , sombong , dusta ,  khianat ,  judi, mabuk - mabukkan,  dan perbuatan tercela lainnya.
    Orang yang bertaqwa itu takut kalau ada perintah Allah yang belum dikerjakannya, dan takut pula kalau ada larangan Allah yang masih dikerjakannya. Dengan demikian apabila ada perintah Allah yang belum dikerjakan,  ia segera mengerjakannya. Bahkan apabila ada perintah Allah yang sudah dikerjakan , tetapi ia rasakan belum baik, maka ia berusaha untuk memperbaikinya. Begitu pula halnya dengan larangan Allah,  jika ada larangan Allah yang terlanjur ia kerjakan, maka segera ia  bertobat ,  memohon ampun kepada Allah atas kesalahannya itu. Oleh sebab itu ,  pantas jika Allah sangat memuliakan orang yang bertaqwa.  Perhatikan Firman Allah SWT   :  ( Artinya  )  :   
"  Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa ".  ( QS   :  Al - Hujurat  : 13 ) . 
   Tidak ada balasan yang lebih pantas bagi orang-orang yang bertaqwa,  kecuali Syurga . (  Bersambung  ) .
    Saudaraku ,  sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi dulu Bagian Pertama ,  tulisan religius judul sesuai tersebut diatas. Kita menantikan Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
              ***
* Bahan-bahan   ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku   :  AQIDAH AKHLAK . Oleh  : Drs Masan Alfat dan Drs Abdul Rosyid . *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA