SUNNAT SEBELUM SHALAT ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji syukur kepunyaan Allah SWT, tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT  kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Sebelum shalat kita disunatkan mengerjakan Adzan  dan Iqamah. Adzan ialah kata-kata seruan yang tertentu untuk memberitahukan akan masuknya waktu shalat fardhu. Adapun Iqamah ialah kata - kata sebagai tanda bahwa shalat akan dimulai.
    Shalat - shalat sunnat tidak disunatkan menggunakan Adzan, Iqamah ,  kecuali shalat sunat yang disunatkan berjamaah,  seperti Tarawih,  shalat Ied, dan sebagainya, cukup dengan memakai seruan :
"  ASH - SHALAATUL JAMI'AH "
( Artinya  )   :  "  Marilah kita bersama - sama mengerjakan shalat  berjamaah. "
Atau dengan seruan dalam shalat Tarawih,  misalnya  : Mengucapkan  : ASH- SHALAATUT TARAAWIIHI RAHIMAKUMULLAAHU. ( Artinya  )  :  "  Kerjakanlah shalat Tarawih semoga Allah melimpahkan Rahmat kepada kamu sekalian.  "
  * HUKUM ADZAN DAN IQAMAH :
Adzan dan Iqamah hukumnya sunnat muakkad bagi shalat fardhu, baik dikerjakan berjamaah maupun sendirian ( munfarid ).
Disunatkan dengan suara yang keras kecuali di Masjid yang sudah dilakukan ( sedang dilakukan  ) shalat berjamaah. Dikerjakan dengan berdiri dan menghadap Kiblat.
  * Lafazh Adzan   :
Allahu Akbar ,  Allahu Akbar. 2X
Asy-hadu allaa ilaaha illalllah 2X.
Asy-hadu anna Muhammadar Rasulullah 2X
Hayya 'Alash shallaah 2X
Hayya' Alal fallaah 2X
Allahu Akbar ,  Allahu Akbar 1X
Laa ilaaha illalllah  1X
* Keterangan  : Dalam Adzan shalat subuh, diantara kalimat  Hayya  'alal falah ' dan Allahu Akbar ,  Allahu Akbar, yakni antara kalimat ke 5 dan  ke 6  ditambah kalimat  :  ASHA - SHALAATU KHAIRUM MINAN NAUM. 2X. ( Shalat itu lebih baik daripada tidur  ). (  Bersambung  ) .
    Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini, Bagian Pertama . Kita nantikan Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
*  Bahan-bahan   ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : RISALAH TUNTUNAN SHALAT LENGKAP . Oleh :  Drs Moh Rifa'i .  *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA