SHALAT

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama -  tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Saya yakin ,haqul yakin tanpa izin , tanpa perkenan,  tanpa kehendak-Nya  saya tidak akan pernah bisa menulis seperti ini. Oleh karena itu , tidak berkelebihan kiranya kalau sekali lagi saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Illahi Rabbi , Tuhan Seru Sekalian Alam. Dia pencipta langit dan bumi , Dia penguasa tunggal di Hari Pembalasan Nanti , Dia itu Maha Dzat yaitu Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang budiman.Apa arti shalat itu?
Shalat ialah berhadap hati kepada Allah sebagai ibadat,  dalam bentuk beberapa perkataan dan perbuatan, yang dimulai dengan Takbir dan diakhiri dengan Salam serta menurut syarat - syarat yang telah ditentukan syara'.
    Dalil yang mewajibkan shalat banyak sekali, baik dalam Al-Qur'an maupun dalam Hadist Nabi SAW. Dalil ayat - ayat Al-Qur'an yang mewajibkan shalat antara lain  : Firman - Nya   : ( Artinya  )   :  "  Dan dirikanlah shalat,  dan keluarkan zakat dan tunduklah ( rukuk ) bersama - sama orang - orang yang pada rukuk. "   ( QS   :  Al Baqarah   :  43 )  .
Dan  Firman Allah SWT  : 
(  Artinya  )   :  "   Kerjakanlah shalat ,  sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan yang jahat  ( keji )  dan yang   mungkar. "  ( QS   :  Al - Ankabut  :  45 )  .
    Perintah shalat ini hendaklah ditanamkan kedalam hati dan jiwa anak-anak dengan cara pendidikan yang cermat, dan dilakukan sejak kecil,  sebagaimana tersebut dalam Hadist Nabi Muhammad SAW sebagai berikut  : 
* Rasulullah SAW bersabda  :
( Artinya  )  :  "  Perintahlah anak - anakmu mengerjakan shalat diwaktu usia mereka meningkat usia sepuluh tahun. "   ( HR   : Abu Daud  ) .
    Saudaraku  , sidang pembaca yang budiman. Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.
Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
          ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : RISALAH TUNTUNAN SHALAT LENGKAP. Oleh   :  Drs Moh Rifa'i . *
          ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com . *     
          ***

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA