SHALAT TAHIYYATUL MASJID

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji syukur kepunyaan Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku , sidang pembaca yang berbahagia. Shalat tahiyyatul Masjid ialah shalat sunnat yang dikerjakan oleh jamaah yang sedang masuk ke Masjid, baik pada hari Jum'at maupun lainnya,  diwaktu malam atau siang.
   Jika kita masuk kedalam Masjid , hendaklah sebelum duduk kita mengerjakan shalat sunnat dua rakaat. Shalat sunnat itu disebut  shalat tahiyyatul Masjid,  artinya shalat untuk menghormati Masjid.
  Lafazh niatnya sebagai berikut  :  "  Ushali sunnata tahiyyatal Masjidi rak'ataini lillahi ta'ala. Allahu Akbar .  "
( Artinya  )   :  " Aku niat shalat sunnat tahiyyatal Masjid dua rakaat karena Allah Ta'ala .  Allahu Akbar . " 
   Orang yang masuk ke Masjid dikala  khatib sedang berkhutbah ,  hendaklah shalat tahiyyatul  Masjid di lakukan dengan ringan,  jangan terlalu lama untuk segera dapat mendengarkan khutbah.
   Doa waktu berangkat dari rumah ke Masjid  : " Allahummaj'al fii qalbii nuuran wa 'an yamiinii nuuran wa khalfii nuuran wafii ' ashabii nuuran wafi lahmii nuuran  wafii damii nuuran wafii sya'rii nuuran wafii basyarii nuuran. "
( Artinya  )   : "   Ya Allah Tuhan kami, berilah aku penyuluh ( cahaya  ) dalam hatiku, curahkanlah cahaya dalam pandanganku, curahkanlah cahaya dalam pendengaranku, curahkanlah cahaya disisi kananku , curahkanlah cahaya dibelakangku,  curahkanlah cahaya didalam syaraf-syarafku, curahkanlah cahaya di dalam daging - dagingku,  curahkanlah cahaya didalam rambutku,  dan curahkanlah cahaya didalam kulitku.  " ( HR   : Bukhari dan Muslim  ) .
  Doa ketika sedang masuk Masjid  :  "   Allaahummaghfir lii dzunuubii waftah lii abwaaba Rahmatika  ".  (  Ya Allah Ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami,  bukakanlah pintu - pintu Rahmat dan Restu - Mu. )
   Doa ketika keluar dari Masjid :  "  Allaahummaghfir lii dzunuubii waftah lii abwaaba fadl-lika Allahumma' shimnii minasy syaithanir-rajim  ".
( Artinya  )   :  "  Ya Allah Ya Tuhan kami , ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah bagiku pintu - pintu kemurahan-Mu. Ya Allah  kami mohon berlindung dari syaithan yang terkutuk.  "
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya akhiri tulisan religius ini , judul sesuai tersebut diatas. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadikan sebagai tambahan ilmu. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
            ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  :  RISALAH TUNTUNAN SHALAT LENGKAP . Oleh  : Drs Moh Rifa'i. *
            ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com . *
            ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA