SHALAT SUNNAT TASBIH ( Bagian Pertama )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku, sidang pembaca yang terhormat. Shalat sunnat Tasbih ialah Shalat yang sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada paman beliau , sayyidina Abbas Ibnu  Abdul Muthalib.
Shalat Tasbih ini dianjurkan mengamalkannya , kalau bisa tiap-malam,  kalau tidak bisa tiap malam , maka sekali seminggu , kalau juga tidak sanggup sekali seminggu,  dapat juga dilakukan sebulan sekali atau setahun sekali,  dan kalau tidak bisa sekali setahun , setidak- tidaknya sekali seumur hidup.
1.  Kalau dikerjakan pada siang hari , hendaklah dikerjakan 4 raka'at dengan satu salam.
2.  Kalau dikerjakan pada malam hari , hendaklah empat raka'at itu dijadikan dua salam.
   Shalat ini disebut shalat Tasbih,  karena didalamnya dibacakan Tasbih sehingga dalam 4 ( empat ) raka'at itu berjumlah 300 Tasbih.   
    Cara mengerjakannya sebagai berikut  :
1.  Berdirilah lurus menghadap Kiblat,  lantas ucapkan lafazh niatnya ( diwaktu malam  ) : Ushali sunnatat Tasbih rak'ataini lillahi ta'ala. Allahu Akbar .
( Aku niat shalat Tasbih dua rakaat , karena Allah . Allahu  Akbar . )
2.   Selesai membaca doa iftitah,lalu membaca surah, kemudian sebelum rukuk bacalah Tasbih 15 kali ,  yaitu   :
"  Subhaanalahi wal hamdu lillahi  walaa ilaaha illalllah wallahu Akbar. Walaa hawlaa walaa quwwata illaa billaahil 'aliyyil 'adziimi " . ( Maha suci Allah Yang Maha Esa, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah . Allah Maha Besar dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan ( kuasa) Allah Yang Maha Luhur lagi Maha Agung ") . sebanyak  15 kali.  ( Bersambung  ) .
   Saudaraku ,  sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini Bagian Pertama. Kita nantikan Bagian Kedua pada penerbitan mendatang. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya sesuai judul tersebut diatas Bagian Kedua . Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
           ***
* Bahan-bahan ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : RISALAH TUNTUNAN SHALAT LENGKAP . Oleh  : Drs  Moh  Rifa'i  *
           ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
           ***
           

          

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA