SHALAT ISTIKHARAH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji  milik Allah , Tuhan Seru Sekalian Alam, tiada sekutu bagi-Nya  dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Shalat Istikharah ialah shalat sunnat dua rakaat untuk memohon kepada Allah ketentuan pilihan yang lebih baik diantara dua hal yang belum dapat
ditentukan baik buruknya. Yakni apabila seseorang berhajat dan bercita -  cita akan mengerjakan sesuatu maksud , sedang ia ragu - ragu dalam pekerjaan atau maksud itu, apakah dilakukan terus atau tidak . Maka untuk memilih salah satu dari dua hal diteruskan atau tidak,  disunatkan shalat Istikharah dua rakaat.
   Shalat Istikharah dan shalat hajat waktunya lebih utama , jika dikerjakan seperti shalat Tahajud yakni dimalam hari,  dan dikerjakan seperti shalat biasa,  sesudah selesai shalat dengan sempurna kemudian terus berdoa dengan doa Istikharah dan sesudah berdoa hendaklah memilih dalam hati , mana yang cenderung hati antara dua hal itu.
Lafazh niatnya adalah sebagai berikut  : 
"  Ushali sunnatal Istikhaarati rak'ataini lillahi ta'ala. Allahu  Akbar .  "
( Artinya  )   : "  Aku niat shalat istikharah dua rakaat karena Allah Ta'ala. Allahu Akbar.   "
   Doa  Istikharah yaitu   :
"   Allaahumma innii astakhiiruka
bi-ilmika wa astaqdiruka biqudratika, wa as aluka min fadllikal, a'azhiimi fa innaka taqdiru walaa aqdiru wata'lamu walaa a'lamu wa anta 'allaamul ghuyuubi. Allahumma in kunta ta' lamu anna haadzal amra khairun lii fii diinii wama'aasyh wa ' aaqibatu amrii faqdirhu lii wayassirhu lii, tsumma baariklii fiihi wain kunta ta'lamu anna haadzaa syarrun lii fii diinii wama' aasyii wa'aaqibati amrii fashrifhu 'annii,  fashrifnii anhu waqdir liyalkhaira haitsu kaana tsumma irdlinii bihil.  "
(  Artinya  )   : "   Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepada kepastian dengan ketentuan - Mu dan hamba memohon dengan kemurahan Tuhan yang Besar Agung. Karena sesungguhnya Tuhan yang berkuasa,  sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah , jika Tuhan mengetahui bahwa persoalan ini baik bagi hamba,  dalam agama hamba dan dalam penghidupan hamba ,  dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berikanlah perkara ini kepada hamba , dan mudahkanlah ia bagi hamba,  kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba didalamnya. Ya Allah , jika Tuhan mengetahui bahwa sesungguhnya hal ini tidak baik bagi hamba, bagi agama hamba dan penghidupan hamba,  dan tidak baik akibatnya bagi hamba ,  maka jauhkanlah ini daripada hamba, dan jauhkanlah hamba daripadanya. Dan berikanlah kebaikan dimana saja hamba berada, kemudian jadikanlah hamba orang yang rela akan anugerah - Mu.  "
     Sidang pembaca, yang patut di perhatikan waktu menyebutkan hal yang dimaksud dalam doa tersebut diatas , hendaklah disebutkan apa yang dimaksud persoalan itu. Setelah berdoa mintakanlah apa - apa yang baik
dilaksanakan menurut cita-cita dan maksud kita itu. Apa yang mendatang yang kuat yang dalam hati dan mantap hati kita itulah kita laksanakan dan yang baik kita perbuat.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya akhiri tulisan religius ini , judul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita, insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku  : RISALAH TUNTUNAN SHALAT LENGKAP . Oleh  : Drs Moh Rifa'i  . *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA