SHALAT DALAM KENDARAAN

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas Rahmat dan Maunah-Nya lah saya dapat menyusun tulisan religius sesuai judul tersebut diatas. Shalawat serta salam semoga senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Saudaraku , sidang pembaca yang budiman. Dalam perjalanan kita boleh melakukan shalat dengan kendaraan , baik didarat ( Bus atau Kereta api  ) ,  dikapal laut ,maupun pesawat terbang. Laksanakanlah shalat dengan arah kiblat sesuai dengan arah kendaraan berjalan sebagaimana Firman Allah SWT dan  Sabda Rasulullah SAW berikut  :
Allah SWT berfirman  :  ( Artinya  )  :  "  Dan kepunyaan Allah lah Timur dan  Barat maka kemana pun kamu menghadap disitulah wajah Allah. Sesungguhnya lah Allah Maha Luas ( Rahmat - Nya  ) lagi Maha Mengetahui ."  ( QS  : Al Baqarah  : 115 ) .
Rasulullah SAW bersabda  :
( Artinya  )   :  "  Nabi SAW ditanya perihal Shalat diatas kapal ,  maka Jawab beliau  : "  Salatlah disana sambil berdiri , kecuali jika engkau takut tenggelam .  " ( HR  :  Daruqutni dan Hakim  ) .
   Berikut ini adalah cara melaksanakan shalat didalam kendaraan :
1.   Apabila shalat dalam Bus atau Kereta api ( didarat  )  maka shalat dapat dilakukan sambil duduk tanpa harus menghadap Kiblat. Untuk melakukan rukuk dan sujud dapat dilakukan dengan isyarat.
2.   Shalat dikapal laut dapat dilaksanakan dengan berdiri menghadap kiblat sebagaimana biasanya. Shalat dapat juga  dilakukan dengan duduk ( rukuk dan sujud dilakukan dengan Isyarat ).
3.   Shalat dipesawat terbang ( udara ) dapat dilakukan dengan duduk, tidak harus menghadap Kiblat ( dapat disesuaikan dengan arah pesawat ). Untuk rukuk dan sujud dilakukan dengan isyarat,  sewaktu rukuk dengan menundukkan kepala dan diwaktu sujud hendaklah menundukkan kepala
lebih rendah dari rukuknya.
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi tulisan ini ,  judul sesuai tersebut diatas. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi  )  diambil dan dikutip dari buku   :  PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  : Drs Ahmad Syafi'i Mufid , MA. Dkk  *.
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA