DUA KALIMAT SYAHADAT

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Segala puja dan puji milik Allah , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada-Nya kita memohon pertolongan.
Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Dua Kalimat Syahadat ialah  :   Dua perkataan pengakuan yang diucapkan dengan lisan dan dibenarkan oleh hati untuk menjadikan diri orang Islam.
    Lafazh Kalimat Syahadat  :
"  Asyhadu anlaa ilaaha illalllah , wa-asyhadu anna Muhammadar Rasulullah .  "
( Artinya  )   : " Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah , dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah ".
     Jika seorang yang bukan Islam membaca dua Kalimat Syahadat dengan sungguh - sungguh , yakni membenarkan dengan hati apa yang ia ucapkan ,  serta mengerti apa yang diucapkan, maka masuklah ia kedalam agama Islam,  dan wajiblah ia mengerjakan rukun yang lima.
*  Dua Kalimat Syahadat masing-masing ialah   :
1. Syahadat Tauhid. Artinya menyaksikan Ke Esaan Allah.
2. Syahadat Rasul .  Artinya menyaksikan dan mengakui ke Rasulan Nabi Muhammad SAW.
   Bagi orang yang akan memasuki agama Islam ,  dua Kalimat Syahadat ini harus diucapkan bersama - sama ( berturut-turut  ) tidak boleh di pisah pisahkan.
    Orang - orang yang hendak menjadi muslim ( mukmin  ),  mula pertama ia harus mengucapkan dua Kalimat Syahadat dengan paham maknanya. Orang yang tidak dapat mengucapkan dengan lisan karena bisu atau uzur lainnya ,  atau karena ajal telah mendahuluinya padahal hatinya sudah beriman ,  mereka itu mukmin dihadapan Allah dan akan selamat kelak di Hari Kemudian . Tetapi orang yang tidak mau mengucapkannya , maka mereka tetap dihukum kafir.
     Adapun arti Islam ialah  tunduk menyerahkan diri kepada Allah dengan ikhlas. Iman dan Islam satu sama lain tidak dipisah-pisahkan dan sukar pula untuk diperbedakan, karena seseorang tidak akan dapat dikatakan mukmin jika tidak menyerahkan diri dan menjunjung tinggi apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah SAW , begitu juga ia tidak akan menyerahkan diri dan menjunjung tinggi jika ia tidak beriman. Karena itu setiap mukmin tentu muslim dan setiap muslim tentu mukmin.
    Agar lebih jelas tentang arti iman dan Islam ,  maka dapat disimpulkan sebagai berikut  :
  *  " Mengikrarkan dengan lidah tentang adanya Allah , dan  hatinya membenarkan apa yang diikrarkan oleh lidah , kemudian anggotanya melaksanakan perintah - perintah Allah dan menjauhi larangan - larangan - Nya. "
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini , judul sesuai tersebut diatas. Semoga bermanfaat dan menjadikan sebagai tambahan ilmu. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  (Artinya  )  diambil dan dikutip dari buku  : RISALAH TUNTUNAN SHALAT LENGKAP . Oleh  : Drs Moh Rifa'i .  *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com . *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA