APAKAH PENGERTIAN SUJUD SYUKUR ITU ?

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahiim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad. Pertama-tama saya mengucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT , tiada sekutu bagi-Nya dan hanya kepada Allah SWT kita menyembah dan hanya kepada - Nya kita memohon pertolongan.  Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sujud syukur artinya sujud yang dilakukan sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT karena mendapat nikmat ( keuntungan  ) atau terhindar dari bahaya besar.
Sujud syukur kepada Allah SWT hukumnya sunat dan hanya boleh dilakukan di luar shalat. Syarat dan rukun sujud syukur adalah sebagai berikut  : Syarat-syarat sujud syukur ada empat, yaitu  Islam , suci dari hadast dan najis ,  menghadap kiblat ,  dan menutup aurat. Adapun rukun sujud  syukur juga ada empat , yaitu niat, takbiratul ihram , sujud ,  dan memberi salam sesudah duduk.
   Mengenai sujud syukur dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagai berikut  :
( Artinya  )  :  "  Mengapa Allah akan menyiksamu , jika kamu bersyukur dan beriman ? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui . " ( QS   : An Nisa  : 147 ) .
   Dalam Hadist Nabi SAW  juga dijelaskan seperti berikut ini  :
( Artinya  )  :  "  Dari Abu Bakrah,  bahwa Rasulullah SAW apabila datang kepada beliau ada sesuatu yang menggembirakan atau khabar suka, beliau terus sujud berterima kasih kepada Allah."  ( HR  : Abu Daud dan Turmidzi )
   Allah telah menjanjikan kepada manusia supaya banyak bersyukur kepada - Nya. Hal ini  tercantum dalam Al-Qur'an sebagai berikut  :  ( Artinya  )   :  "  Jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah  ( nikmat  ), jika kamu mengingkari  ( nikmat - Ku )  sesungguhnya azab - Ku  sangat pedih . "   ( QS  : Ibrahim : 7 )
    Bacaan sujud syukur ialah  :
" Allaahumma a'inni ala dzikrika wa syukrika wa husni ibaadatika. ".  ( Ya Allah . tolonglah kami untuk dapat mengingat - Mu, bersyukur kepada - Mu , dan beribadah dengan baik kepada - Mu. " 
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Jadi kesimpulan dari pengertian Sujud Syukur
adalah : Sujud terima kasih karena mendapat nikmat ( keuntungan  )  atau terhindar dari bahaya besar. Dan sujud syukur hanya disunatkan diluar shalat. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
             ***
* Bahan-bahan  ( materi )  diambil dan dikutip dari buku  : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Oleh  : Drs Ahmad Syafi'i Mufid , MA.  Dkk . *
             ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website kesayangan  : hajisunaryo.com  *
             ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA